oleh

Ma’ruf Amin Khawatir Ada Pihak Keberatan dengan Ulah Sandi Eksploitasi NU

INIKATA.Com – Aksi pengibaran bendera Nahlatul Ulama (NU) oleh calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno saat kampanye di Lumajang, Jawa Timur, mendadak jadi buah bibir yang hangat dibicarakan baru-baru ini.

Terkait hal tersebut, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengatakan, sangat tidak dibenarkan mengeksploitasi NU. Mantan Rais Aam PBNU yakin akan ada pihak yang berkeberatan dengan ulah Sandi.

”Ya sebenarnya dia tidak boleh dia mengeksploitasi NU. Itu akan ada gugatan dari kalangan NU,”ujar Ma’ruf Amin di Kota Tangerang, Sabtu (6/4) malam.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (nonaktif) menambahkan, PBNU pusat akan menerima sama seperti PCNU Lumajang. Setelah disetujui, PCNU Lumajang telah disetujui atas tindakan mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu.

“Ya pasti PBNU akan memilih yang sama. Kita serahkan ke Lumajang saja,”katanya.

Pria yang akrab disapa Abah ini sangat menyesalkan tindakan Sandi. Dia bilang, kader NU tidak pernah membawa-bawa NU untuk urusan politik.

Ma’ruf mengatakan, bendera NU biasanya hanya dibawa oleh pemimpin jamaah dalam kegiatan keagamaan atau organisasi. “Jadi, tidak menggunakan bendera, paling tidak ada yang membawa jamaah. Tapi panitianya tidak pakai lambang NU, ”pungkasnya.

Sebelumnya, Pengurus Cabang NU Kabupaten Lumajang Jawa Timur ditolak dan disetujui pengibaran bendera NU dalam kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di Lumajang, Kamis (4/4) lalu. Keberatan disampaikan lewat nota Nomor 209 / PC / A.II / L.29 / I / 2019.

Dalam nota setuju tertanggal 6 April ini, pengurus NU Cabang Kabupaten Lumajang menyetujui pengibaran bendera NU yang dilakukan Sandiaga Uno dalam kampanye politiknya yang disebut pelecehan.

Pengurus Cabang NU Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa bendera NU mewakili jam’iyah bagi organisasi mereka. Bendera tersebut mencerminkan nilai luhur dan perjuangan haru NU dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.(**/jpc)

Komentar

Topik Terkait