oleh

Anti Mainstream, Paten Desain Oppo Tampil Dengan Dua Layar

INIKATA.com – Jika kebanyakan smartphone berlomba-lomba membuat layar menjadi semakin luas dengan bezel tipis, lain halnya dengan paten desain Oppo yang terbilang unik. Oppo mengajukan paten desain smartphone dengan dua layar sekaligus.

Menariknya lagi, layar kedua dibuat menyembul dari bagian atas smartphone dengan mekanisme pop-up yang umumnya dibuat untuk menempatkan kamera selfie.

Paten Oppo terkait desain smartphone dengan layar ganda yang bisa naik dan turun melalui mekanisme pop-up diperoleh dari World Intellectual Property Organisation (WIPO). Paten diterbitkan atas nama Oppo Mobile Telecommunications Guangdong untuk ‘perangkat elektronik dengan panel display’.

Seperti bisa dilihat dalam gambar, paten desain tersebut memiliki layar pop-up, bukan kamera pop-up. Layar pop-up-nya sedikit lebih sempit dan jauh lebih rendah dari pada layar utama. Posisinya terpasang pada bingkai utama melalui mekanisme teleskopik naik dan turun.

Tak jelas apa tujuan dibuatnya layar ekstra yang bisa menyembul naik turun itu. Mungkin, layar tambahan dapat berguna saat pengguna ingin menampilkan layar penuh tetapi masih membutuhkan kontrol. Misalnya untuk kebutuhan game video conference atau menonton film.

Lantas di mana kamera depannya? Kamera depan ditempatkan di bezel bagian atas yang sempit. Dengan cara ini pengguna memiliki akses ke dua layar tersebut. Panel layar juga tampil tanpa lekukan atau lubang di layar yang biasanya untuk penempatan kamera selfie. (**/Jpc)

Komentar

Topik Terkait