oleh

Ayahnya Tak Tau, Gadis Ini Sering Ditukar dengan Ternak atau Uang

INIKATA.com Seorang remaja perempuan Nigeria, 10, diiklankan di Facebook untuk dijual. Gadis kecil itu dijual untuk melunasi hutang orang tua mereka. Dilansir dari Daily Mail pada Jumat (5/4), Daily Beast juga melaporkan, gadis-gadis muda di komunitas Becheve, sekelompok 17 desa di Obanliku, Nigeria, juga secara teratur ditukar dengan makanan, ternak, atau uang tunai.

Seorang gadis Nigeria, Monica mengatakan, ia dan saudara perempuannya dijual tanpa persetujuan mereka untuk melunasi hutang ayah mereka kepada kerabat jauh. Monica mengatakan, dia dan saudara perempuannya menikah dengan pria yang belum pernah mereka temui dan yang jauh lebih tua dari mereka.

“Ayahku tidak tahu apa-apa tentang Facebook sampai kakak laki-lakiku membelikannya sebuah smartphone dan meyakinkannya untuk bergabung dengan Facebook dan mem-posting foto-foto kami kapan pun dia mau,” kata Monica.

“Dia membeli pakaian baru dan memaksaku serta saudara perempuanku untuk mengenakannya sebelum mengambil foto kami,” terang Monica.

Monica mengaku, ia melarikan diri dari suaminya yang membelinya dari ayahnya. Suaminya tersebut merupakan lelaki tua. Usai lepas dari suaminya, ia sekarang tinggal bersama seorang teman.

“Pria yang saya nikahi mengatakan putra sulungnya menunjukkan kepadanya foto saya di Facebook. Ia lalu menghubungi ayah saya,” terangnya.

Biasanya di komunitas Becheve, orang tua dari pengantin perempuan membawa gadis-gadis itu kepada lelaki yang mampu membeli anak perempuan mereka. Namun dalam beberapa bulan terakhir, keluarga-keluarga yang begitu putus asa beralih ke Facebook.

“Praktik semacam ini dimaksudkan untuk meningkatkan status para pria di komunitas Becheve,” ujar Magnus Ejikang, seorang kepala lokal di Ogbakoko. “Semakin banyak pengantin yang kamu miliki, semakin banyak rasa hormat yang kamu dapatkan di komunitas,” terangnya. (Inikata/jawapos)

Komentar

Topik Terkait