oleh

KPU Sambangi Gedung Merah Putih KPK, Ini yang Dibahas

INIKATA.com Ketua KPU Arief Budiman dan bersama komisioner lain menyambangi Gedung Merah Putih KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/4). Kedatangan mereka untuk mengupdate perkembangan data pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Arief Budiman yang mengenakan batik warna coklat lengan panjang tiba sekitar pukul 09.52 WIB, setelah dua menit sebelumnya dua komisioner Pramono Ubaid Tantowi dan Ilham Saputra tiba. Adapun komisioner lain Evi Novida Ginting sudah datang lebih awal.

“Hari ini sebagaimana yang diatur dalam PKPU, kan KPU mengatur caleg-caleg yang sudah terpilih itu dalam waktu 7 hari setelah dinyatakan terpilih dia harus menyerahkan LHKPN, nah KPK melihat waktu yang tersedia 7 hari itu kan mepet, makanya KPK membuka ruang lebih panjang,” kata Arief kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan Jakarta, Senin (8/4).

Arief membantah akan membahas dugaan “serangan fajar” yang belakangan marak terjadi menjelang pencoblosan 17 April 2019. Namun, dia mengaku pembahasan mengenai politik uang terus dibahas oleh KPU.

“Enggak, secara spesifik kita enggak mengagendakan membahas itu (serangan fajar). Tapi diskusi tentang money politics itu selalu kita lakukan setiap saat,” jelas Arief.

Bahkan, Arief juga menegaskan tidak akan membahas secara spesifik terkait dugaan serangan fajar yang mengarah kepada salah satu capres-cawapres. Menurutnya, KPU hanya akan membahas pelaporan LHKPN bagi pejabat negara DPR, DPD dan DPRD.

“Itu (pelanggaran money politic) berlaku untuk semua peserta pemilu, bukan hanya capres cawapres, ada partai politik. KPK kan juga meng-update data LHKPN. Nah, itu kita akan informasikan kepada publik update-nya seperti apa,” tutupnya. (Inikata/RMOL)

Komentar

Topik Terkait