oleh

Berbagai Simbol Partai yang Unik Warenai Pemilu di India

INIKATA.com Hampir 900 juta orang India memenuhi syarat untuk memilih dalam pemilihan umum yang disebut sebagai pemilu terbesar di dunia. Pemilu yang dimulai pada Kamis (11/4) membutuhkan waktu enam minggu untuk menyelesaikannya.

Kontes politik ini melibatkan banyak partai politik. Masing-masing dari mereka memiliki simbol yang menjadi fitur unik demokrasi di India.

Pada tahun 1951-1952 ketika India mengadakan pemilu nasional pertama, banyak warganya yang buta huruf. Maka, partai politik menyimbolkan partainya dengan gambar-gambar unik.

Sejak saat itu, tingkat membaca di India sudah meningkat, namun simbol-simbol partai tak lekang oleh waktu. Berikut ini beberapa simbol yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pemilih:

Teratai

Bunga nasional India adalah simbol Partai Nasionalis Hindu yang berkuasa, Partai Bharatiya Janata, atau BJP. Teratai dikaitkan dengan dewi pengetahuan Hindu dan melambangkan hubungan partai dengan Hindu dan tradisi-tradisinya.

Tangan

Telapak tangan adalah satu-satunya bagian tubuh yang digunakan sebagai simbol pesta. Kongres Nasional India, yang memimpin perjuangan India untuk kemerdekaan dan sekarang berfungsi sebagai partai oposisi utama, menganggap tangan sebagai simbol kekuatan dan persatuan.

Gajah

Gajah adalah simbol Partai Bahujan Samaj, yang mengambil kekuatan dari komunitas Dalit, yang sebelumnya dikenal sebagai komunitas tak tersentuh. Ini adalah salah satu dari sedikit pihak yang memiliki simbol binatang. Penggunaan simbol-simbol tersebut sebagian besar dihentikan setelah protes dari kelompok-kelompok hak-hak hewan.

Sepeda

Sepeda adalah simbol politik yang populer. Tiga partai regional dengan bangga menggunakan sepeda sebagai simbol mereka, termasuk Partai Samajwadi, pemain kuat di Uttar Pradesh, negara bagian terbesar di India dan rumah bagi lebih dari 100 juta pemilih.

Jagung dan Sabit

Simbol Partai Komunis India mengacu pada citra klasik yang mewakili petani. Akan tetapi tidak boleh dikacaukan dengan simbol serupa yang digunakan oleh Partai Komunis India (Marxis), yang menggunakan palu, sabit, dan bintang.

(Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait