oleh

Awasi Serangan Fajar, Bawaslu Aktifkan Patroli 24 Jam

GRESIK, INIKATA.com – Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tinggal dua hari lagi. Kini sudah memasuki hari tenang. Aktifitas kampanye sudah tidak ada. Begitu juga Alat Peraga Kampanye (APK) atau sejenisnya sudah harus steril dari tempat-tempat umum.

Namun yang diantisipasi selama hari tenang tiga hari ke depan, serangan fajar. Pasalnya, serangan fajar kerap dimanfaatkan para peserta pemilu sebagai jurus jitu dalam mendulang banyak suara demi memenuhi ambisinya meraih kekuasaannya.

Oleh sebab itu, untuk dapat mengantisipasi serangan fajar terjadi, Bawaslu Kabupaten Gresik, kini menyiapkan strategi awasi serangan fajar tersebut.

“Antisipasi serangan fajar, kita di Bawaslu Gresik mengaktifkan patroli 24 jam,” ujar Rofa’atul Hidayah, Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Gresik.

Patroli yang dilakukan jajarannya ini, sebut Rofa’atul, tidak hanya mengawasi bagi-bagi uang atau bentuk lain. Sebaliknya, tim patroli juga mengawasi kampanye terselubung yang memanfaatkan momentum hari tenang.

Masih menurut Rofa’atul, kerawanan TPS-TPS dan seluruh kerawanan masa tenang hingga persiapan pungut hitung juga bagian yang diawasi tim patroli.

“Intinya, Bawaslu Gresik akan berjaga selama 24 jam, dan berkeliling wilayah keluar masuk kampung, gang dan desa untuk melakukan pengawasan secara intens,” tegasnya.

Hal ini dilakukan selama tiga hari terakhir di masa tenang itu. Dengan demikian, pengawasan jalannya masa tenang betul-betul kondusif.

Ditambahkan oleh Rofa’atul, saat ini jajarannya tengah berkoordinasi dengan KPU dan Satpol PP untuk melakukan penertiban APK atau sejenisnya. Baik APK Pileg atau Capres akan ditertibkan.

“Semua APK akan kita bersihkan selama masa tenang. Sehingga memasuki satu hari menjelang pencoblosan, APK sudah bersih,” pungkasnya. (Muh)

Komentar

Topik Terkait