oleh

Jadwal Piala Indonesia Rugikan PSM Makassar dan Persija Jakarta

INIKATA.com – Jadwal Piala Indonesia yang akan digelar mulai 23 April hingga 3 Mei belakangan masih menuai masalah, utamanya yang berkaitan dengan jadwal kompetisi lainnya.

PSM Makassar dan Persija sendiri menjadi tim yang cukup dirugikan dengan jadwal Piala Indonesia tersebut.

Pasalnya di antara tanggal tersebut, PSM dan Persija masih harus bertarung di kualifikasi grup AFC Cup. PSM akan main pada 30 April. Persija malah dua kali, yakni 23 April di kandang dan 1 Mei main tandang.

Sekjen PSSI Ratu Tisha mengatakan, pihaknya masih memformulasikan jadwal terkait pertandingan dua tim tersebut. Kedua tim juga sedang diajak bicara agar jadwal yang dirilis tidak merugikan pihak manapun. “Pihak broadcast juga akan menyiarkan semua laga itu secara live,” ujarnya.

Koordinasi itu juga nantinya akan dilakukan ketika Piala Indonesia sudah memasuki semifinal dan final. Leg pertama semifinal dilakukan pada 15 dan 16 Juni, sedangkan leg kedua akan dilakukan pada 22-23 Juni. Sementara final juga akan berlangsung dalam dua leg, yaitu pada 30 Juni dan 7 Juli.

Nah, untuk itu koordinasi sudah dilakukan dengan PT LIB. Sebab, Liga 1 akan mulai bergulir pada 8 Mei mendatang. Itu berarti, 4 klub yang lolos ke semifinal kembali harus menyesuaikan jadwalnya.

Tisha mengakui jika nantinya bakal ada perubahan dalam jadwal Liga 1. Baginya hal tersebut tidak ada masalah sebab LIB siap untuk melakukannya. ’’Kalau final itu kami minta LIB agar menjadi full untuk Piala Indonesia, 30 Juni dan 7 Juli,’’ tegasnya.

Kenapa Piala Indonesia jadwalnya sangat ketat dan mepet? Tisha menjelaskan hal itu terpaksa dilakukan karena juara Piala Indonesia nanti punya satu slot untuk tampil di AFC Cup. Sementara nama klub yang disetor ke AFC harus siap akhir Juni nanti. Artinya, dua tim yang masuk final bakal didaftarkan untuk sementara, sembari menunggu siapa yang jadi juara.

Pendaftaran Pemain

Untuk pendaftaran pemain, alumnus ITB itu menegaskan pada babak 8 besar tidak boleh ada pemain baru. Artinya, pemain yang sebelumnya sudah didaftarkan yang boleh diturunkan. Tidak peduli sudah dicoret ataupun sudah tidak diperpanjang klub lagi.

Pendaftaran pemain baru untuk Piala Indonesia akan kembali dibuka pada babak semifinal. Empat klub yang masuk boleh mendaftarkan lagi pemain-pemainnya. ’’Karena verifikasi dari LIB sudah selesai saat itu. Tapi untuk babak 8 besar, hanya pelatih yang boleh baru karena masuk ke ranah ofisial tim,’’ ungkapnya.

Sementara itu , CEO Persija Ferry Paulus mengakui khawatir dengan jadwal Piala Indonesia yang akan dirilis hari ini oleh PSSI. Sebab, di antara 23 April sampai 3 Mei, Macan Kemayoran harus melakoni dua laga di AFC Cup. Belum dua laga lagi di Piala Indonesia.

“Rasanya bukan pekerjaan mudah untuk hal tersebut. Mengkolaborasikan pemain dengan jadwal yang padat seperti itu,” ujarnya seperti dilansir dari Jawapos. (**/JPC)

Komentar

Topik Terkait