oleh

Kagum Dengan Masyarakat Filipina, Anggun C Sasmi: Tuh Setia Banget

INIKATA.com – Dipercaya tiga kali menjadi juri ajang pencarian bakat se-Asia, Asia’s Got Talent, Anggun C Sasmi dibuat kagum oleh masyarakat Filipina yang di matanya memiliki rasa nasionalisme tinggi. Terbukti, dari dukungan yang diberikan oleh masyarakatnya pada kontestan asal negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Lumbung Padi tersebut.

“Orang Filipina tuh setia banget. Mereka suka banget dan bangga sama perwakilannya. Dulu ada penyanyi namanya Billy Crawford, dia itu separuh Filipina, separuh Amerika. Orang Filipina langsung katakan, ‘itu Orang Filipina’,” kata Anggun saat ditemui belum lama ini.

Bahkan, lanjut Anggun, penyanyi Nicole Scherzinger yang hanya memiliki seperempat darah Filipina, juga dikatakan oleh masyarakat sebagai orang Filipina.

Sayangnya, ungkap Anggun, tidak demikian dengan masyarakat Indonesia. Menurutnya, acuh tak acuh, walau pada ajang Asia’s Got Talent season 2 pemenangnya asal tanah air, yakni The Sacred Riana.

“Kalau orang kita (Indonesia) kan agak-agak masa bodoh gitu. Kadang ya, aku ingat, gue (orang Indonesia)? Dibilang nggak, ‘nggak, dia orang Perancis’. Mau gimana lagi. Orang-orang kita tuh agak aneh soal persepsi mereka dalam sesuatu yang harus dibanggakan atau tidak. Beda banget sama negara-negara lain,” ujar Anggun.

Riana Berhasil Membangun dan Mempertahankan Image-nya

Lebih lanjut, Anggun mengaku kagum akan Riana yang berhasil membangun dan mempertahankan image-nya. Kemudian, semakin sukses, terbukti dengan membuat film yang menceritakan kisah hidupnya.

“Banyak orang yang merasakan merinding, bulu kuduk berdiri atau apa. Tapi, nggak tahu kenapa, mungkin karena orang Amerika kurang sensitif dengan hal-hal seperti itu (mistis), makanya nggak terlalu masuk (Amerika’s Got Talent),” tandas Anggun.

Diketahui, demi mengejar mimpinya menjadi penyanyi internasional, Anggun meninggalkan Indonesia pada 1994. Anggun muda mencoba peruntungan dari Perancis. Mimpinya mulai terwujud setelah lagu Au nom de la lune (1997) yang diterjemahkan ke bahasa Inggris jadi Snow on the Sahara sukses.

Namun, pada 2001, penyanyi kelahiran Jakarta ini tiba-tiba memilih pindah kewarganegaraan menjadi Perancis. Belum lama ini, Anggun pun menjelaskan alasannya pindah warga negara. Ternyata, ia sempat menyimpan kekesalan pada pemerintah Indonesia. Pasalnya, dinilai tak mempermudah karir internasionalnya. Sebaliknya, pemerintah Perancis sangat membantunya.

Komentar

Topik Terkait