oleh

Golkar Berpotensi Dapat Jatah Kursi Terbanyak Setelah PDI-P, Airlangga Hartarto Girang

INIKATA.com – Golkar secara mengejutkan menjadi partai yang menduduki posisi ke-2 setelah PDI-P (web KPU), hal ini ditanggapi Airlagga Hartarto dengan gembira.

Bagaimana tidak dengan hasil survei ini, tentu saja Golkar akan mengisi kursi parlemen terbanyak, berdasarkan sistem sainte lague murni.

“Partai Golkar dalam berbagai survei memang masuk dalam dua besar dan kami masih menunggu hasil daripada perhitungan di KPU,” ucap Airlangga di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/4) dilansir dari Jpnn.com.

Khusus untuk parlemen, lanjutnya, partai harus menghitung parliamentary threshold alias PT, sehingga penghitungan yang didasarkan pada formulir C1 plano menjadi penting.

“Kemudian tentu konvensi suara itu berbasis kepada sainte lague murni. Itu nanti akan menghitung kursinya. Jadi untuk pileg itu masalah perhitungan kursi menjadi penting,” jelasnya.

Tak hanya itu, Airlangga yang tidak lain adalah Menteri perindustrian itu mengaku senang dengan hasil yang ditoreh pasangan calon yang diusung partainya.

Meski masih menunggu hasil resmi KPU, namun kata dia, hasil quick count biasanya tidak jauh dari hasil resmi.

“Berdasarkan teori statistik dan berdasarkan pengalaman tidak jauh berbeda antara hasil dari quick count dan hasil resmi KPU yang masih kita tunggu,” tandasnya. (**/jpnn)

Komentar

Topik Terkait