oleh

Juarai Pemilu 2019, PDI-P Memang Menang 97 dari 171 Daerah di Pilkada 2018

INIKATA.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) saat ini menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak dalam pemilu 2019.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu menang telak berdasar hasil quick count (QC) atau hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA dengan data yang masuk sudah 100 persen.

Jarak antara partai berlambang banteng moncong putih itu dengan pesaing di bawahnya cukup jauh. Dalam QC itu juga disimpulkan sementara ada sembilan partai politik yang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen.

“Kami hargai rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum, tetapi dari hasil quick count LSI terkait pileg, yang dipastikan lolos ambang batas parlemen 4 persen ada sembilan partai,” ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar dalam paparan hasil quick count Pileg 2019 di kantornya, Kamis (18/4) dilansir dari Jpnn.com.

Berdasar hasil QC LSI Denny JA, PDIP meraih 19,80 persen. Posisi kedua, persaingan ketat terjadi antara Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Berdasarkan survei LSI Denny JA PDIP disebutkan menang di 17 provinsi pada Pileg 2019 ini. Dia memerinci provinsi yang dimenangi partai banteng moncong putih, itu adalah Sulawesi Barat, Banten, Riau, DKI Jakarta, Sumatera Utara.

Berikut Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Maluku, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Hasil ini juga merujuk dari pilkada 2018. Dimana kala itu PDIP memenangi 97 pilkada dari total 171 daerah yang melaksanakan.

Komentar

Topik Terkait