oleh

AS Minta Warganya tak Berkunjung ke Malaysia, Mahathir: Negara Kami Negara Aman

INIKATA.com – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menolak travel warning Amerika Serikat (AS) yang menyarankan warganya untuk tidak mengunjungi negara Malaysia. Dilansir dari Anadolu Agency pada Kamis (18/4) Mahathir Mohamad menegaskan, Malaysia adalah negara yang aman.

“Satu atau dua teroris telah ditangkap. Negara kami merupakan negara yang aman,” katanya pada jamuan makan siang Kamar Dagang Amerika-Malaysia di Ibu Kota Kuala Lumpur.

Pernyataan itu muncul setelah Kementerian Luar Negeri AS memperingatkan para calon pengunjung akan bahaya isu penculikan demi tebusan dari kelompok teroris dan kriminal, yang menargetkan turis di resor pantai, resor pulau, dan kapal yang mengangkut wisatawan ke pulau.

Namun Mahathir mengatakan, orang-orang bisa datang ke Malaysia dan tidak perlu ada saran perjalanan. Berbicara kepada orang-orang Amerika-Malaysia pada jam makan siang, Mahathir mengatakan, Malaysia aman. “Saya cukup yakin Anda bisa datang ke sini untuk makan malam, atau makan siang, dan Anda merasa cukup aman. Namun di beberapa negara bahkan ketika Anda berdoa, mereka dapat membunuh Anda,” ujarnya merujuk untuk pada aksi teroris bulan lalu di sebuah masjid di Selandia Baru.

“Untuk beberapa alasan atau lainnya, kita tidak mendapatkan turis Amerika. Tidak ada pesawat atau perusahaan Amerika yang terbang ke Malaysia,” katanya.

Sebuah surat kabar mengatakan, Kementerian Luar Negeri Malaysia memanggil Duta Besar AS Kamala Shirin Lakhdir pada hari Rabu untuk menjelaskan keputusan pemerintahnya. Dia diberi nota protes yang isinya menyatakan keberatan Pemerintah Malaysia terhadap keputusan Amerika Serikat. (INIKATA/jpc)

Komentar

Topik Terkait