oleh

Usai Pemilu, Mantan Ketua PP Muhammadiyah: Yang Kalah Jangan Legowo

INIKATA.com Mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif mengajak seluruh pihak agar menghormati hasil Pemilu 2019 yang akan diumumkan KPU, 22 Mei nanti. Selain itu Buya-sapaan akrabnya-berharap agar masyarakat tetap bisa hidup berdampingan

“Siapapun pemenangnya harus kita terima. Siapa yang kalah harus legowo. Mari kita sama-sama menjaga keutuhan bangsa, kebhinekaan, perdamaian, pluralisme, sehingga bangsa ini utuh bersatu untuk mencapai tujuan penegakan,” ungkapnya di Masjid Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Jumat (19/4).

Buya mengatakan, seluruh paslon harus tetap menunggu penghitungan resmi dari KPU. Tidak perlu untuk saling klaim menang. “Walaupun sudah ada hitung cepat, yang mengeluarkan pendapat itu biar saja,” tambahnya.

Di mata Buya, pesta demokrasi tahun ini berjalan cukup luar biasa. Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan tidak mudah untuk menjangkaunya. “Ada yang naik perahu, kapal, pesawat-pesawat kecil untuk mencari pemilih,” katanya.

Walaupun ada sedikit gangguan, seperti banjir, namun secara umum pemilu tetap berjalan lancar. Buya menegaskan jika ada pihak yang tidak terima dengan hasil pemilu agar menemupuh cara konstitusional.

“Kalau ada sengketa selesaikan melalui jalur hukum. Jangan di luar hukum, karena kita punya Mahkamah Konstitusi. Kita punya aparat hukum, jangan di luar karena kita negara hukum, tidak boleh main hakim sendiri,” tegasnya.

(Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait