oleh

Usai Pemilu, Menkominfo Sebut Hoaks Meningkat

INIKATA.com Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan adanya peningkatan hoaks usai hajatan Pemilu 2019 ini. Hal ini membuat dirinya kaget. Karena awal dia memperkirakan akan turun. Namun kenyataannya malah meningkat. Mengenai berapa jumlah tingkatan kenaikan hoaks, Rudi mengaku belum memiliki detail angka-angka hoaks itu.

“Saya harap turun tapi ternyata tidak, justru masih ada terus. Kalau kita bandingan hari pertama bulan Maret dan 17 hari pertama bulan April lebih banyak April,” ujar Rudiantara di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (20/4).

Rudiantara mengatakan, banyak hoaks yang menyerang Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal KPU sudah bekerja semaksimal mungkin dan telah disumpah untuk menjaga netralitasnya di Pemilu 2019 ini.

“Kita hormati lah KPU. Jangan dibikin hoaks-hoaks ke arah KPU. Kasihan, sudah kerja keras masih dilempar hoaks juga,” katanya.

Oleh sebab itu, Rudiantara berharap oknum-oknum jangan lagi menyebarkan hoaks usai Pemilu 2019 ini. Apabila terus ada. Maka Kominfo bakal bertindak.

“Jangan bikin manas-manasin lah. Kominfo dan KPU juga mempunyai satuan tugas yang memerangi hoaks terutama yang ditujukan ke KPU,” ungkapnya.

Saat ini Kominfo juga sedang melakukan penelusuran pihak-pihak yang menyebarkan hoaks yang menyerang KPU. Hoaks misalnya KPU curang, tidak independen dan sebagainya. Biarkan KPU bekerja untuk menyelesaikan proses rekapitulasi.

“Hoaks yang mengarah ke KPU saat ini sedang kita coba address. Jadi, kita jaga sama-sama, jangan kirimkan hoaks terutama untuk KPU lakukan perhitungan suara,” pungkasnya.

(Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait