oleh

Dibanding Tahun Kemarin, Inflasi di Sulsel Tahun ini Lebih Rendah

INIKATA.com Perkembangan inflasi di Sulawesi Selatan lebih rendah dibanding tiga tahun lalu. Hal itu dibuktikan pada bulan April 2019, mencapai 3,33 persen (yoy).

Direktur Eksekutif Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, hal ini sejalan dengan harga bahan makanan yang relatif stabil dan lebih rendah dibandingkan pola historisnya.

“Harga bahan makanan relatif stabil kok, dan lebih rendah dibandingkan pola historisnya,” bebernya.

Inflasi pada April 2019, mencapai 0,99 persen (ytd), juga lebih rendah dari polanya didukung inflasi kelompok bahan makanan yang tercatat sebesar 1,93 persen (ytd) lebih rendah dari rata-rata tahun sebelumnya yang mencapai 2,53 persen (ytd).

Apabila dilihat dari kelompok pengeluaran, pada April 2019, inflasi Sulsel secara bulanan (mtm) dan tahun kalender (ytd) disebabkan oleh kenaikan kelompok bahan makanan terutama berasal dari kenaikan harga cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Sementara itu, secara tahunan inflasi Sulsel disebabkan oleh kenaikan kelompok Transpor, Komunikasi dan Jasa Keuangan terutama bersumber dari kenaikan harga tiket pesawat. (Cikang)

Komentar

Topik Terkait