oleh

BI Sulsel Siapkan Rp5,7 Triliun Untuk Penukaran Uang Selama Ramadan

INIKATA.com – Kebutuhan uang memasuki Ramadan mengalami tren peningkatan. Seiring tingginya transaksi masyarakat pada bulan puasa ini, Bank Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pun menyiapkan uang sebesar Rp5,7 triliun. Angka ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni Rp4,1 triliun.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso pada saat pembukaan pelayanan penukaran uang di halaman Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (10/5/2019) pagi ini, mengatakan, pihaknya bakal mendistribusikan uang tersebut secara maksimal, mengingat tingkat transaksi masyarakat selama Ramadan dan idul fitri akan mengalami meningkat, terutama sektor perdagangan dan aktivitas konsumsi masyarakat.

Pihaknya pun telah bekerjasama dengan 60 bank lain dalam pendistribusian berupa pelayanan penukaran uang besar ataupun kecil di berbagai titik di Sulsel.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pelayanan penukaran uang di 116 titik penukaran dengan titik terbanyak berada di Makassar. Titik penukaran tersebut ditempatkan di 85 bank, 20 titik penukaran di instansi pemerintah, 7 titik di BPN, dan 11 titik di keramaian.

“Kami tentunya mengharapkan masyarakat agar tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar, karena perbankan sudah menyiapkan ATM di berbagai tempat,” ucap Bambang.

Pada acara tersebut, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) juga turut hadir membuka acara. Selepas itu, NA memberikan penukaran uang kepada masyarakat yang hadir. Dari pantauan, dihari pertama penukaran, masyarakat langsung ramai memadati tempat pelayanan. (Harun)

Komentar

Topik Terkait