oleh

Menang Pileg 2019, Aleg Nasdem Tertangkap Kejaksaan

INIKATA.com – Caleg terpilih DPRD Gresik, Jatim bernama Mahmud tersandung perkara.

Kader Partai Nasdem itu ditahan kejaksaan karena terbelit kasus penipuan dan penggelapan dokumen tanah. Dia terancam tidak bisa mengikuti pelantikan.

Mahmud adalah mantan kepala Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar. Lelaki 54 tahun itu mendekam di Rutan Gresik sejak Selasa (7/5) lalu.

Penahanan dilakukan jaksa penuntut setelah menerima pelimpahan perkara tahap kedua dari penyidik Polda Jatim. Yaitu, pelimpahan barang bukti dan tersangka.

Humas Kejari Gresik R Bayu Probo Sutopo membenarkan bahwa Mahmud telah dijebloskan ke sel tahanan Rutan Gresik. Ada lima jaksa yang menangani kasus itu.

Perinciannya, 2 jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jatim dan 3 jaksa dari Kejaksaan Negeri Gresik. Mereka sepakat menahan tersangka Mahmud.

Penyidik Polda Jatim menjerat Mahmud dengan pasal 378 dan 372 KUHP. Penetapan tersangka berdasar laporan PT Bangun Sarana Baja (BSB) ke Polda Jatim pada Rabu, 11 April 2018. Mahmud diduga melakukan pemalsuan dokumen jual beli tanah.

Selama penyidikan, tersangka tidak ditahan. Mahmud tetap bisa berkampanye dan maju sebagai caleg di daerah pemilihan (dapil) VIII (Manyar, Bungah, dan Sidayu).

Mahmud ternyata mampu mengantongi 5.645 di antara total 13.494 suara partai di dapil itu. Dia bakal melenggang ke parlemen Gresik.

Bagaimana sikap partainya? Humas DPC Partai Nasdem Gresik Musa ketika dikonfirmasi enggan berkomentar.

Dia mengaku belum tahu pasti kejadian yang menimpa kader partainya itu.

”Saya akan besuk ke rutan dulu,” kata Musa lewat telepon selulernya kemarin. (jpnn)

 

Komentar

Topik Terkait