oleh

Amankan Kursi Demokrat, Caleg Cantik Ini Siap Serap Aspirasi Masyarakat

INIKATA.com – Caleg cantik, Andi Azizah Irma berhasil lolos ke DPRD Sulsel lewat partai Demokrat di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel IX.

Andi Azizah Irma adalah putri kandung Andi Irwan Hamid, bupati Kabupaten Pinrang periode 2019 – 2024. Azizah mengumpulkan suara 34.780.

Suara terbesar, dari sembilan Caleg yang terpilih di Dapil IX. Sementara secara akumulasi, Demokrat meraih 51.423 suara. Total suara itu mampu menebus kursi ke enam.

Azizah sendiri, pada Pemilu 2014 juga mencalonkan diri sebagai Caleg Provinsi dari Dapil yang sama. Namun, suaranya tak mampu bersaing.

“Semoga kepercayaan masyarakat yang dikasi ke saya betul-betul bisa mewakili nanti aspirasi-aspirasi masyarakat,” kata Andi Irma kepada INIKATA.com, Jumat (17/5/2019) dinihari.

Sementara itu, Arifin Bando yang merupakan adik kandung dari Muslimin Bando, bupati kabupaten Enrekang juga lolos di dapil yang sama. Ia meraih 17.272 suara pribadi. Sementara partainya, meraih suara terbanyak ke dua dengan akumulasi 57.831 suara.

Melengkapi dua orang tadi, tujuh kursi lain terbagi merata ke tujuh Parpol dan Caleg. Masing-masing Nasdem dengan 73.671 suara di kursi pertama. Syaharuddin Alrif, yang masih merupakan petahana, mengumpulkan suara paling banyak diantara Caleg internal 34.350 suara.

Kursi ketiga diisi oleh Rusdin Tabi. Sama dengan Syaharuddin Alrif, Rusdin berstatus petahana dari partai Gerindra. Rusdin meraih suara pribadi sebanyak 20.147 suara. Lalu suara akumulasi partai sebanyak 56.997.

Golkar dan PPP sama-sama menempatkan wakilnya pada kursi empat dan lima. Kursi Golkar dikuasai oleh Zulkifli Zain, Ketua DPRD Sidrap. Sementara kursi PPP diduduki oleh Saharuddin. Keduanya, sama-sama pendatang baru di DPRD Sulsel.

Kursi selanjutnya dikuasai oleh PDIP dengan 39.897 suara. Kursi PDIP berhak dipegang oleh Caleg perempuan mereka, Kartini Lolo. Di bawah PDIP, ada PKS yang mengunci kursi ke delapan dengan 37.088 suara dengan Calegnya Vera Firdaus.

Kursi terakhir diamankan PKB. Caleg partai besutan Muhaimin Iskandar yang berhak duduk di sana, tak lain adalah ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad. Ia meraih suara pribadi sebanyak 12.213 suara. Sementara suara partai mencapai 29.222 suara. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait