oleh

Pileg 2019, Kemenangan Caleg Oplosan?

INIKATA.com – Direktur Eksekutif Jenggala Center, Syamsuddin Radjab, menilai Sulawesi Selatan punya banyak calon anggota legislatif oplosan. Terutama caleg yang maju bertarung memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Ia menyebut, saat ini ada ada 14 new comers dari 14 itu ada beberapa caleg oplosan dan ada 10 yang lama (petahana).

Bahkan ia mengaku telah memperediksi bahwa caleg oplosan ini akan akan memegang peran penting dan akan banyak yang lolos di pileg kali ini. Namun ia tidak menyebutkan nama caleg yang dimaksud.

“Analisa dan pengamatan itu terbukti karena 14 new comers itu rata-rata memiliki irisan dengan para pejabat daerah, baik istri maupun anak dari pejabat yang sedang menjabat,” ungkap Rajab saat ditemui di Makassar, Minggu (19/5/2019).

Kata dia, ini menandakan bahwa tidak hanya mendorong anak atau istri dengan menggunakan partai yang bukan merupakan kendaraan pejabat itu tapi jungga menggunakan isntrumen negara.

“Mekanisme seperti ini tentu saja masuk dalam kategori penyalah gunaan wewenang. Yang kedua, pola seperti ini sangant mwrusak tumbuh kembangnya dwmokrasi yang berkualitas karena didorong berdasarkan kekuasaan,” jelasnya.

Sementara mereka duduk di senayan nanti itukan tantangannya besar sekali, apalagi nanti mereka akan bersinggungan dengan birokrat yabg tentu sangat memiliki nilai kualitatif,” lanjutnya.

Kalau yang lolos ini tidak memiliki pengalaman tanding maka itu sulit untuk memberikan kita harapan bahwa dia akan menjadi lawan tanding yang seimbang dengan eksekutif atau pemerintah.

“Pola seperti ini juga akan mengarah dan bersinggungan dengan politik oligarki dengan banyaknya yang lolos ini adalah caleg oplosan maka itu sejatinya para pejabat daerah tanpa sadar akan terpelihara politik yang seperti itu,” pungkasnya.

Ia mengaku bersyukur karena pada pemilu saat ini karena istilah politik oligarki mulai terkikikis dengan tidak lilisnya beberapa klan yang berjaya beberapa tahun lalu. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait