oleh

Polri Siagakan Tim Antianarkis di Penetapan Hasil Pemilu

INIKATA.com – Demi mengamankan penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU, pihak kepolisian mulai menyiagakan Tim Antianarkis bersenjata tajam.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Mohammad Iqbal. Ia menyebut, pihaknya mempersiapkan personil yang bersenjatakan amunisi tajam dan hanya disiagakan di Markas Komando.

“Prinsip di dalam pelaksanaan pengamanan ini seluruh anggota polri di-back up TNI tidak menggunakan amunisi tajam. Peluru tajam hanya digunakan oleh Tim Antianarkis, itu pun mereka berada di markas komando,” ucap Irjen Pol Mohammad Iqbal kepada awak media, Senin (20/5).

Iqbal melanjutkan, Tim Antianarkis tersebut akan turun ke lapangan jika ada perintah dari Kapolda Metro Jaya.

“Nanti akan ditetapkan apakah di Mabes Polri atau Polda Metro Jaya. Mereka keluar hanya atas perintah Kapolda Metro Jaya pada saat kondisi anarkis. Dan itu pun tembakannya melumpuhkan. Semuanya tanpa amunisi tajam,” singkatnya.

Diketahui, massa yang menamakan diri Gerakan Kedaulatan Rakyat Nasional bersiap untuk menggelar aksi protes di Kantor KPU RI, Jakarta. Aksi yang rencananya digelar tiga hari itu menentang penetapan KPU yang dinilai banyak terjadi kecurangan. (rmol)

Komentar

Topik Terkait