oleh

Srikandi Indonesia Dukung Polisi Tangkap Pelaku Makar

JAKARTA, INIKATA.com – Polda Metro Jaya telah menetapkan Eggy Sudjana dan Lieus Sungkarisma sebagai tersangka dalam kasus dugaan makar. Atas hal ini Srikandi Indonesia mendukung langkah yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Kami mendukung penuh adanya tindakan hukum tegas kepada pelaku makar,” kata ketua Srikandi Indonesia, Vivin Tri Wahyuni dalam rilisnya, Rabu (22/5).

Vivin juga mengatakan upaya pengerahan massa atau people power sangat tidak elok dan mengganggu ketertiban umum. Bahkan dapat membahayakan keutuhan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, menurut mantan Aktivis LMND tersebut, bila ada kubu yang tidak menerima hasil pemilu, maka mekanisme demokrasi telah menyediakan lembaga untuk mengadili kecurangan, yaitu Badan Pengawas Pemilu dan Mahkamah Konstitusi.

“Daripada aksi massa yang memicu ketidaktertiban disarankan untuk melakukan gugatan, karena telah tersedia lembaga-lembaga untuk mengadukan hal itu,” jelasnya.

Mantan Aktivis GMNI yang tergabung dalam Srikandi Indonesia, Widya Almis mengatakan, aksi turun ke jalan hanya demi untuk memaksakan kehendak hanya akan menjadikan perpecahan.

Untuk itu, ia berharap mereka yang kalah dalam konstestasi demokrasi, harus mampu berjiwa besar, tidak memaksakan kehendaknya.

Sementara bila tidak menerima hasilnya, dan menilai adanya kecurangan, maka gunakanlah mekanisme konstitusi melalui Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi.

“Jadi jangan terus menjadikan masyarakat terpolarisasi dengan hasutan-hasutan kepada masyarakat, jadilah berjiwa besar,” tegas Widya.

Sementara Srikandi Indonesia merupakan kumpulan mantan aktivis mahasiswa perempuan dari berbagai organisasi. Selain Vivin (mantan aktivis LMND) dan Widya (mantan aktivis GMNI), anggota Srikandi Indonesia antara lain Lidya Natalia Sartono (mantan aktivis PMKRI), Betariani Saraswati (mantan aktivis KMHDI), Irma (mantan aktivis PMII), Ifda Hanum (mantan aktivis HMI) dan Desy Datum (mantan aktivis GMKI). (Danang)

Komentar

Topik Terkait