oleh

Harga Bawang Mulai Stabil, Cabai Malah Melonjak Jelang Lebaran

INIKATA.com — Meski sempat naik beberapa waktu lalu, saat ini harga sembako mulai kembali stabil pada H-5 Idul Fitri, Sabtu (01/05/19).

di Makassar, tepatnya Pasar Terong, bahan pokok yang harganya kembali turun hari ini yakni bawang mereh dan bawang putih.

“Sudah sekitar semingguini harga Bawang turun. Baru enak, karena pas waktunya orang mau pake banyak bawang,” ungkap Daeng Ani, salah seorang pedagang di pasar Terong

Sekarang, kata dia, bawang Merah hanya seharga Rp25 ribu perkilo yang dulunya menembus angka Rp40 ribu perkilo. Sedangkan bawang putih saat ini seharga Rp40 ribu perkilo, yang sebelumnya mencapai Rp80 ribu perkilo.

Anjloknya harga bawang merah dan bawang putih dikarenakan pasokan bawang yang banyak, terutama datang dari bawang Bantaeng dan Bima.

Berbeda dengan bawang, harga cabai malah melonjak jelang lebaran.

Sembako yang harganya kembali naik hari ini yakni cabai kriting dan cabai rawit. Hal ini disampaikan oleh seorang pedagang di Pasar Terong, Abdul.

“Sudah harga Cabai naik sudah seminggu, karena banyak orang yang butuh, sedangkan stoknya sangat kurang,” Tuturnya.

Hari ini, Cabai Kriting menembus harga Rp40 ribu perkilo dari harga Rp20 ribu perkilo, sedangkan Cabai Rawit mengalami penurunan yang cukup drastis yakni Rp30 ribu peekilonya dari Rp60 ribu perkilo. (Cikang)

Komentar

Topik Terkait