oleh

Konsumsi Pertamax Makin Melonjak Jelang Lebaran

INIKATA.com – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang lebaran semakin mengalami peningkatan signifikan, terutama pada BBM jenis Pertamax.

Pertamax yang naik hingga 19.1 persen itu, untuk produk gasoline dan Bio Solar 31.9 persen untuk gasoil.

Satgas Rafi yang bertugas memastikan kelancaran distribusi dan keamanan stok BBM serta LPG ini akan bertugas hingga H+15, yaitu 21 Juni 2019.

“Dari rata-rata harian normal, ada peningkatan sekitar 19.1% untuk produk Pertamax, disusul Pertalite naik 11.4%, kemudian Premium 5.9%. Namun Pertamax Turbo mengalami penurunan sekitar 6.4%. Sedangkan untuk gasoil, Bio Solar masih berada di peringkat tertinggi yaitu naik 31.9%, disusul Pertamina Dex 25% dan Dexlite 17.2 persen,” ujar Region Manager Communication CSR Pertamina, Rifky Rakhman Yusuf.

Puncak konsumsi BBM tertinggi terjadi pada 30 Mei 2019, berdasarkan data yang kami terima juga peningkatan konsumsi ini juga dikarenakan jumlah kendaraan yang masuk melalui ruas jalan Bakauheuni – Terbanggi Besar mencapai 18 ribuan kendaraan.

“Jika dibanding hari-hari sebelumnya, memang pada 30 Mei merupakan puncak tertinggi arus mudik yang melintas di jalur Sumatra, sehingga konsumsi BBM di tanggal tersebut juga mengalami peningkatan 171% untuk Pertamax jika dibanding hari sebelumnya, dan kenaikan 130 persen untuk Pertalite, sedangkan Pertamax Turbo naik 132% pada tanggal 26 Mei dan Premium mengalami penjualan tertinggi pada tanggal 28 Mei yaitu naik 115%,” jelas Rifky.

Untuk produk gasoil, lanjut Rifky, tren konsumsi tertinggi Bio Solar terjadi pada tanggal 23 Mei yaitu naik 142%, Dexlite pada 25% yaitu 177% serta Pertamina Dex 259% pada 22 Mei.

Rifky berharap, melalui penyediaan varian produk untuk BBM ini, para pemudik dapat memilih produk berkualitas yang terbaik untuk kendaraannya.

“Karena perjalanan mudik ini adalah perjalanan yang mencari kenyamanan, sehingga kami menghimbau para pemudik untuk menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series,” kata Rifky. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait