oleh

Mantan Ketua KPPU: Keputusan Kemenhub Mengapuskan Promo Ojol Sudah Tepat

MAKASSAR, INIKATA.com – Keputusan Kemenhub mengapuskan promo tarif ojol mendapatkan respon baik dari Pendiri Institute for Competition and Policy Analysis (ICPA), Syarkawi Rauf. Ketua Komite Pemantau Persaingan Usaha (KPPU) RI Periode 2015-2018 itu menuturkan bahwa keputusan kemenhub patut diacungi jempol.

Sebab menurutnya, wacana tersebut guna menghindari praktek jual rugi atau predatory pricing

Praktek promo tidak wajar yang mengarah pada predatory pricing, kata Syarkawi, pada akhirnya merugikan mitra pengemudi transportasi online dengan hilangnya posisi tawar terhadap aplikator.

“Promo ojol tidak wajar tujuannya cuma satu yaitu menghancurkan kompetisi dan mengarah pada monopoli. Ini akhirnya yang rugi mitra pengemudi dan konsumen,” ungkapnya.

Syarkawi Rauf juga menambahakan, bahwa Kemenhub sebaiknya mengkaji ulang peraturan di transportasi online khususnya Permenhub 12/2019 untuk memastikan praktek persaingan tidak sehat berbalut promo tidak terus berlanjut.

“Karena hal demikian rentan terhadap pelanggaran undang-undang persaingan usaha tidak sehat, dan akan menjadi preseden yang tidak baik bagi industri di Indonesia,” tutupnya. (Cikang)

Komentar

Topik Terkait