oleh

Perusahaan Konveksi Jeans yang Hangus Terbakar Rupanya Tak Kantongi Izin

GRESIK, INIKATA.com – Teka-teki status bangunan yang terbakar diamuk api di Kelurahan Tlogopatut, Jalan Dr Sutomo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik pada Minggu (9/6/2019) lalu, perlahan-lahan terkuak.

Begitu juga legalitas dari usaha yang ada di dalam bangunan tersebut, mulai terbongkar.

Sebelumnya banyak yang tidak tahu aktifitas yang ada di dalam bangunan ini. Sehingga informasinya simpang siur.

Warga sekitar bangunan naas ini, mengaku gedung tersebut tertutup rapat. Meski demikian, setiap hari tampak orang beraktifitas di dalam gedung ini. Hanya saja, saat terjadi kebakaran, aktifitas di dalam memang tidak ada, karena semua pekerja pulang kampung libur lebaran.

Lurah Tlogopatut, Rowito SH melalui Sekretaris Lurah, Maskur SE pun buka suara. Menurutnya, bangunan yang terbakar di Jalan Dr Sutomo ini adalah pabrik konveksi pakaian jenis celana jeans. Bukan gudang garmen atau gudang lain.

“Aktifitas di dalam gedung ini perusahaan konveksi celana jeans bermerk yang disuplai di toko-toko modern seperti Ramayana dan beberapa toko lainnya. Bukan gudang garmen,” ujarnya kepada inikata. com.

Tidak hanya itu, pihak kelurahan juga tidak pernah mengeluarkan surat keterangan rekomendasi mengenai perizinan perusahaan tersebut. Bahkan, pihak manajemen atau pemilik perusahaan sejauh ini tidak pernah datang untuk mengajukan surat rekomendasi mengenai izin.

“Jujur, kami tidak pernah mengeluarkan rekomendasi pengurusan izin perusahaan konveksi ini. Dan mustahil perizinan mereka bisa diterbitkan di kabupaten, jika pengantar dari kelurahan tidak ada,” terangnya.

Dijelaskan Maskur, keberadaan pabrik konveksi jeans ini memang sudah lama. Tenaga kerjanya juga banyak. Bahkan sebagian pekerja disana didatangkan dari luar daerah seperti dari Solo, Jawa Tengah dan daerah lain. (Muh)

Komentar

Topik Terkait