oleh

Siap ‘Membela Diri’ di MK, KPU Kumpulkan Dokumen Penting

MAKASSAR, INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mulai mempersiapkan dokumen untuk Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Salah satu yang dilakukan KPU kota Makassar mengeluarkan sejumlah dokumen hasil Pemilihan Umum (Pemilu) dari kotak suara kecamatan di Makassar.

Ketua KPU kota Makassar, Faridl Wajdi menyampaikan, dokumen-dokumen yang dikeluarkan itu untuk PHPU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta PHPU Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Agenda hari ini kegiatan untuk membuka kotak mempersiapkan dokumen bukti surat surat pemeriksaan di sidan Mahkama Konstitusi nanti. Kita buka untuk dua jenis yaitu pilpres sekaligus sengketa pileg,” tandas Faridl, Rabu (12/6/2019).

Ada juga dokumen DA KPU atau kesimpulan umum tentang proses rekapitulasi. Kemudian dokumen mengenai daftar hadir dalam proses rekapitulasi. Total kata Faridl, ada empat jenis dokumen yang dikeluarkan untuk Pilpres.

“15 Kecamatan untuk pilpres, untuk pileg kami buka manggala untuk dua kelurahan (Biring Romang dan Batua),” tuturnya.

Sementara untuk PHPU Pileg ada tambahan dua dokumen yakni DAA1 dan Plano. Hanya saja untuk Pileg, kotak yang dibuka khusus kecamatan Manggala untuk kelurahan Biring Romang dan Batua.

Khusus kecamatan Manggala kata Faridl, itu sesuai dengan sengketa Pileg yang diajukan Gerindra di MK untuk DPRD kabupaten/kota.

“Tadi dokumen yang dikeluarkan itu pertama dokumen DA 2 (kejadian khusus) kemudian DA KPU dia kesimpulan umum tentang proses rekapitulasi, kemudian ada namanya DA DH daftar hadir. Ada empat dokumen yang kami keluarkan tadi untuk PPWP,” tutupnya. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait