oleh

Dua Paslon Capres Tak Mesti Hadir di Persidangan MK

INIKATA.com – Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak wajib hadir dalam sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pilpres 2019 pada persidangan di MK

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono.

Sedianya, MK menyelenggarakan sidang pendahuluan PHPU Pilpres 2019, Jumat (14/6) besok. Sidang pendahuluan beragenda pembacaan pokok permohonan dari pihak pemohon.

“Kalau harus datang, sih, tidak. Kan kedua pihak tersebut sudah menunjuk kuasa hukum,” kata Fajar ditemui di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (13/6) ini.

Hanya saja, lanjut Fajar, MK bakal bersyukur jika kedua paslon bisa hadir dalam sidang pendahuluan. Sebab, keduanya bakal bertemu dalam persidangan.

“Namun, kalau hadir ke sidang, alhamdulillah. Kan begitu,” ucap dia.

Lebih lanjut, ucap dia, kehadiran dua paslon dalam persidangan bakal menjadi momentum baik. Kedua paslon bisa saling bersalaman sebelum persidangan dimulai.

“Nanti dilihat, bisa jadi dalam hal ini, kedua pasangan calon presiden itu bisa bertemu dan mudah-mudahan itu menyejukkan semua,” ungkap dia.

Dalam sidang pendahuluan PHPU Pilpres 2019, pihak pemohon yakni pasangan capres dan cawapres Prabowo – Sandiaga.

Sementara itu, KPU menjadi pihak termohon dan pasangan Jokowi – Ma’ruf menjadi pihak terkait. (IK/Jpnn)

Komentar

Topik Terkait