oleh

Imam Mesjid Dikenakan Pungutan, KUA Bone: Itu Sumbangan

BONE, INIKATA.com – Beberapa Imam Desa di Kabupaten Bone mengeluhkan adanya setoran hasil pembagian Zakat Fitrah ke Kantor Urusan Agama ( KUA ).

Jumlah setoran Imam di setiap kecamatan berbeda beda, ada yang di kisaran 20 persen dan ada pula yang seikhlasnya.

Di Kecamatan Tellu Siattinge, salah satu Imam Desa yang kami temui mengaku, kalau pihak KUA meminta jatah 20 persen.

“Kemarin kami pertemuan, pihak KUA minta 20 persen dari yang kami dapatkan” ugkap salah satu Imam yang enggan dipublikasikan namanya beberapa waktu yang lalu.

Salah satu Imam di kecamatan Cina pun mengaku juga menyetor di Kepala KUA, namun tidak mengetahui secara pasti berapa persennya dan dirinya mempertanyakan soal ASN bisa terima zakat fitrah.

“Kurang tau persennya, berapa saja nah kasika imam dusun segitu ku setor karena mengenai zakat fitrah dia sendiri yang atur,” tulis salah satu Imam melalui Messenger yang kami rahasiakan namanya.

Kepala KUA kecamatan Cina yang kami konfirmasi terkait hal tersebut membenarkan adanya setoran Imam, namun tidak di tetapkan nominalnya.

“Hanya sifatnya sumbangan di KUA, tujuannya seperti sebelumnya untuk kegiatan ke agamaan misalnya Musabaqah. Kalaupun ada yang di stor imam itu haknya imam dari zakat fitrah” ungkap Ambo Tuo. (Uly)

Komentar

Topik Terkait