oleh

Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal Latih Disdik Sulsel, Polisi: Statusnya Dinaikkan

MAKASSAR, INIKATA.com – Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar menaikkan status kasus dugaan korupsi pengadaan delapan kapal latih milik Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel ke tahap penyidikan.

Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko.

“Iya sudah naik status penyidikan saat ini kita tengah menunggu hasil dari Lembaga Kebijakan Pengadsan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta untuk menghitung potensi kerugian negara,” ucapnya, Kamis (13/6/2019).

Lanjut Indratmoko, naiknya status tersebut tidak serta merta, melainkan melalui beberapa proses hingga dinyatakan layak untuk ditingkatkan ketahap selanjutnya.

“Kita naikkan status ke tahap penyidikan karena dirasa cukup bukti untuk ditingkatkan dan ada pidananya,” ujarnya Indratmoko.

Sebelumnya, Penyidik Tipikor Polrestabes Makassar memasang garis polisi terhadap delapan unit kapal latih milik disdik Sulsel tersebut. Semua unit kapal yang dimaksud tengah berderet di Pelabuhan Perikanan Nusantara Untia, di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Kapal yang disegel tersebut sebenarnya sudah siap pakai dan diperuntukkan bagi SMK kemaritiman di Sulsel. Sementara soal fungsinya, kapal latih itu diketahui untuk laboratorium maritim pada beberapa sekolah, seperti SMK 3 Jeneponto, SMK 2 Bantaeng, SMK 9 Makassar, SMK 3 Bulukumba, dan sejumlah sekolah lainnya di Sulsel.

Diketahui pengadaan kapal latih menelan dana Rp32 miliar dari APBD 2018 (DAK), dengan spesifikasi yang mumpuni diantaranya ruang kemudi beserta fish finder, GPS, radar, kompas, hingga kamar nakhoda. Kapal tersebut juga memiliki ruangan tidur siswa berkapasitas sepuluh orang.

Kemudian, di lambung kapal juga telah disiapkan cold storage berkapasitas 15 ton ikan. Lalu tiga mesin, dengan mesin utama berkekuatan 6 selinder yang membuatnya mampu melaju dengan kecepatan 2 knot. Juga telah disiapkan tiga jenis alat tangkap ikan untuk melatih keterampilan siswa, seperti pukat cincin, long line, dam gillnet.

Untuk keamanan, kapal latih tersebut telah disiapkan 25 pelampung dan tabung keselamatan yang dapat digunakan saat darurat. (Anca)

Komentar

Topik Terkait