oleh

Berikan Mainan Ini untuk Mengasah Otak si Kecil!

 

Sumber : solotrust.com

 

Orang tua memiliki kewajiban untuk memperhatikan aktivitas anak agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangannya. Biaya besar tidak selalu dikeluarkan hanya untuk memfasilitasi anak dengan mainan yang bermanfaat. Kini sudah banyak mainan yang bisa merangsang tumbuh kembang si kecil dengan beragam jenisnya. Apalagi dalam memilih mainan untuk anak laki-laki bisa membuat orang tua kebingungan karena gampang-gampang sulit. Agar tidak merasa ketergantungan mom’s perlu mencarikan mainan yang bisa merangsang tumbuh kembang anak dengan baik misalnya, gadget dan video game.

 

Tak jarang bagi para orang tua yang sibuk akan memberikan smartphone pada anak mereka karena dengan memberikannya gadget merupakan langkah tercepat. Khususnya bagi anak laki-laki, menggunakan gadget terlalu lama akan berdampak buruk meski yang dimainkan adalah permainan anak. Karena anak laki-laki cenderung memiliki ekstra energi yang perlu dikeluarkan dengan berbagai macam permainan yang dapat mengasah kreativitas, melatih motorik, logika serta visual mereka. Nah, kali ini kami akan memberikan daftar mainan anak laki-laki berbagai umur yang akan merangsang motorik, logika, visual, serta kreativitasnya. Simak ulasannya berikut ini!

 

Sepeda

Sumber : medcom.id

 

Buat para mom’s jangan pernah melupakan memberikan mainan yang satu ini bagi si kecil. Agar berdampak bagus pada perkembangan anak, mom’s perlu memulai memberikan mainan sepeda ini pada usia 3 tahun hingga 10 tahun ke atas. Pengaruh yang akan anak dapatkan ketika bermain sepeda yakni, perkembangan motorik anak dapat terlatih, mengasah otot, kesimbangan, hingga kekuatan mereka akan terus bertambah seiring dengan usia mereka. Selain itu anak juga akan terhindar dari obesitas karena sudah terbiasa dengan aktivitas fisik dari bermain sepeda.

 

Bola

Sumber : momdadi.com

 

Mom’s juga jangan sampai lupa untuk mengajarkan si kecil tentang berbagai macam olahraga misalnya, sepak bola. Kadang anak laki-laki tak semuanya menyukai sepak bola, oleh sebab itu moms perlu mengenalkan olahraga jenis lain seperti, baseball, basket, maupun golf. Ajarkan anak tentang memikirkan sebuah strategi untuk memenangkan pertandingan. Hal ini akan membantu perkembangan otak mereka dan berdampak pada logikanya. Tidak hanya itu, bermain permainan yang satu ini pada pancaran sinar matahari pagi hari dengan udara segar akan menyehatkan serta menyegarkan tubuh si kecil.

 

Puzzle

Sumber : tipsanakbayi.com

 

Selain permainan outdoor moms juga perlu menyediakan mainan untuk si kecil di dalam rumah. Para orang tua bisa memberikan mainan puzzle sebagai alternatif yang memiliki manfaat bagi otak anak. Ajak si kecil untuk bermain puzzle bersama untuk pengenalan awal permainan ini. bujuk ketertarikan anak untuk menyatukan potongan-potongan gambar yang terpisah. Dengan bermain puzzle sangat baik bagi pertumbuhan serta perkembangan visual anak. Dengan menyusun potongan-potongan puzzle si kecil dapat mengimajinasikan sebuah objek di sekitarnya.

 

Lego

Sumber : otakatikotak.com

 

Permainan  alternatif lain yang dapat mengasah otak si kecil adalah mainan Lego. Dengan bermain Lego moms bisa mengenalkan permainan edukatif rumah-rumahan. Lego bisa dimainkan anak laki-laki maupun perempuan. Tetapi, agar anak laki-laki lebih tertarik memainkan Lego moms bisa memberikan edisi Batman, lalu lintas, maupun edisi yang sesuai dengan selera mereka. Imajinasi anak akan lebih terlatih dalam membentuk sebuah objek ketika bermain Lego. Cara bermain lego agar dapat melatih kemampuan verbal anak adalah menceritakan sebuah imajinasi, coba temani mereka bermain dan tanyakan bentuk apa yang sedang mereka buat.

 

Itulah permainan yang perlu diberikan kepada si kecil untuk membantu tumbuh kembang serta dapat mengasah otak anak. Dengan begitu si kecil akan lebih pintar dan aktif dalam bermain. Jangan sampai salah memilih ya, moms!

Komentar

Topik Terkait