oleh

Pertemuan Surya-Anies Dinilai untuk Saingi Pertemuan Mega-Prabowo

INIKATA.com – Partai politik koalisi Jokowi-Maruf di luar PDIP sudah menyatakan sikap menolak Partai Gerindra bergabung dalam Kabinet Kerja jilid II.Adapun jamuan makan siang Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dinilai sebagai pertemuan politik tandingan terhadap pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Bisa saja. Saya melihat di koalisi parpol koalisi Jokowi juga ada persaingan,” kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin kepada Kantor Berita RMOL, Rabu (24/7).

Namun menurut dia, ada perbedaan dari dua pertemuan tersebut. Pertemuan Mega-Prabowo membahas kemungkinan rekonsiliasi untuk 2019-2024, sementara pertemuan Surya-Anies untuk kepentingan Pilpres 2014.

Jelas Ujang Komaruddin, persaingan di koalisi parpol koalisi Jokowi bukan hal yang aneh. Karena partai politik itu identik mencari kekuasaan.

Nasdem, Golkar, PKB, PPP dan parpol lain khawatir, dengan bergabungnya Gerindra akan mengurangi jatah mereka di kabinet.

“Inilah mungkin yang menyebabkan ada persaingan internal itu,” demikian Ujang Komaruddin. (rmol)

Komentar

Topik Terkait