oleh

Petugas Amankan 4 Nelayan India yang Lakukan Ilegal Fishing

INIKATA.com – Angkatan Laut Sri Lanka menangkap tangan 4 nelayan India karena melakukan ilegal fishing di wilayah perairan mereka. Untuk sementara para nelayan ini ditahan di Sri Lanka.

Empat orang nelayan India ini diketahui berlayar dari Tamil Nadu. Mereka ditangkap Angkatan Laut Sri Lanka pada Rabu (24/7) karena diduga tengah mencari ikan di perairan mereka.

Laporan Colombo Page menyatakan, para nelayan tersebut masuk ke teritorial Sri Lanka melewati kawasan Mercusuar Kovalam. Kawasan tersebut memang dikenal memiliki jalur penangkapan ikan.

Penangkapan tersebut dikatakan sudah sesuai dengan Garis Batas Maritim Internasional (IMBL). Selain itu Angkatan Laut Sri Lanka melakukan penangkapan ketika sedang melakukan patroli.

Patroli Angkatan Laut Sri Lanka memang menjadi aktivitas rutin, mengingat lokasi Srilanka yang strategis dan memiliki biota laut yang sangat menggiurkan bagi nelayan India. Selain itu perbatasan laut kedua negara ini memang sangat rapat.

Pada 2013, AL Sri Lanka berhasil menangkap 26 nelayan India dan 5 kapal pukat harimau yang digunakan meeka. Sedangkan pada 2015, Al Sri Lanka juga berhasil menggelandang 26 nelayan India dan 3 kapal pukat. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait