oleh

Maruf Amin Angkat Suara Tentang Susunan Kabinet

INIKATA.com – Wakil Presiden terpilih, Maruf Amin, angkat suara tentang susunan kabinet dan peluang bergabungnya partai politik dari luar Koalisi Indonesia Kerja ke dalam pemerintahan baru.

Dia menyatakan bahwa sampai saat ini presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi), belum menentukan nama-nama yang akan mengisi kabinet.

Wali Kota Dani Fatma

Yang ia tahu, nama-nama kandidat masih dikumpulkan.

“Sekarang calon-calonnya sedang dikumpulkan. Masih menghimpun, ” ujar Maruf saat menghadiri Milad ke-44 Majelis Ulama Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (27/7).

Dalam urusan menerima atau menolak parpol dari luar koalisi pendukungnya untuk bergabung ke pemerintahan, ia menyerahkan sepenuhnya ke Jokowi.

“Kan itu sudah dijawab, nanti dirundingkan,” ucap Ketua Umum MUI itu.

Ia menambahkan bahwa tim pemenangan Jokowi-Maruf sudah dibubarkan dan akan ada pembicaraan lebih jauh untuk menerima anggota baru dalam koalisi.

“Belum ada kesimpulannya,” ucap Maruf, yang ketika diwawancara didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Secara pribadi dirinya maupun Jokowi bersikap terbuka terhadap kemungkinan masuknya partai baru ke dalam koalisi pendukung pemerintah.

“Prinsipnya terbuka. Tapi masuknya itu seperti apa sudah ada kesepakatan dari partai-partai koalisi,” ungkap Maruf Amin.

Sejauh ini, Partai Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 disebut berpeluang besar berubah haluan menjadi bagian dari koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Maruf.

Hal ini tercermin dari dua pertemuan penting antara Jokowi dengan Prabowo (Sabtu, 13/7) dan Prabowo dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Rabu, 24/7). (IK/Rmol)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait