oleh

Pemerintahan Boris Johnson Diharapkan Mampu Perbaiki Hubungan Iran-Inggris

INIKATA.com – Terpilihnya Boris Johnson untuk duduk di kursi perdana menteri Inggris diharapkan dapat membantu meningkatkan hubungan antara Iran dan Inggris.

Hal itu diutarakan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani dalam sebuah pesan yang diunggah di situs resmi kepresidenan Iran (Minggu, 28/7).

Dalam pesan tersebut, Rouhani memberi selamat kepada Boris Johnson atas pengangkatannya sebagai perdana menteri Inggris yang baru. Rouhani mengatakan, dia berharap keakraban Johnson dengan Iran akan membantu meningkatkan hubungan antara kedua negara.

“Saya berharap bahwa keakraban Anda dengan masalah hubungan Iran dan Inggris dan kehadiran Anda sekali di Teheran akan sangat membantu untuk menyingkirkan hambatan yang ada dalam pertumbuhan dan perluasan hubungan antara kami,” kata Rouhani dalam pernyataannya, seperti dimuat Reuters.

Ketegangan antara Inggris dan Iran diketahui memburuk pada bulan ini ketika pasukan Iran menangkap sebuah kapal tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz pada 19 Juli.

Penangkapan dilakukan selang dua minggu setelah pasukan Inggris menangkap sebuah kapal tanker minyak Iran di dekat Gibraltar karena dituduh melanggar sanksi terhadap Suriah. (rmol)

Komentar

Topik Terkait