oleh

Bus Tabrak Bom, 34 Warga Sipil Afghanistan Tewas

INIKATA.com – Sebuah bom berdaya ledak tinggi meledak di jalan raya Kandahar-Herat di Afghanistan, Rabu (31/7/2019) kemarin. Akibatnya, belasan wanita dan anak-anak meninggal dunia.

Ledakan yang terjadi saat bus yang mereka tumpangi menabrak sebuah alat peledak buatan itu menyebabkan setidaknya 34 orang meninggal dunia dan 17 lainnya cedera.

“Bom itu baru saja ditanam oleh gerilyawan Taliban untuk menargetkan pasukan keamanan Afghanistan dan asing,” kata juru bicara pemerintah provinsi Farah, Muhibullah Muhib.

Mereka yang meninggal dunia, semuanya adalah warga sipil, kebanyakan wanita dan anak-anak.

Jurubicara kepreaidenan Afghanistan, Sediq Sediqqi membenarkan jumlah korban tewas itu dan juga menyalahkan serangan itu terhadap Taliban.

Namun seorang pejabat Taliban mengatakan, para pejuang mereka tidak bertanggung jawab atas penanaman ranjau darat di daerah itu.

“Ledakan itu belum dilakukan oleh Taliban, kami sedang menyelidiki insiden itu,” kata jurubicara Taliban, Zabihullah Mujahid. Sejauh ini, tidak ada kelompok bersenjata yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. (rmol)

Komentar

Topik Terkait