oleh

Jika Berani Oposisi, Nasdem Bakal Catat Sejarah Baru

INIKATA.com Partai NasDem pimpinan Surya Paloh dinilai bisa mencatatkan sejarah baru dalam dunia politik Indonesia jika beralih menjadi oposisi. Karena sebelumnya belum pernah ada partai pengusung presiden terpilih yang memutuskan untuk beralih arah menjadi pihak oposisi saat pemerintahan baru sudah berjalan.

Sekretaris Jenderal Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Satyo Purwanto mengatakan, NasDem lebih baik berada di luar pemerintahan. Sebab, selama ini partai NasDem terlalu dekat dengan kekuasaan. Bahkan sejak partai tersebut baru dibentuk.

“Ya lebih baik NasDem coba sekali-kali jadi oposisi. Coba melihat kekuasaan itu dari luar. Anggaplah cari pengalaman menjadi partai baru yang di luar pemerintahan. Karena kan mereka partai baru yang langsung ada di kekuasaan. Nah cobalah sekali-kali (di luar kekuasaan), meskipun menjadi salah satu pendukung kemenangan capres. Setelah jadi di luar pemerintahan, bisa melakukan kritik tehadap kebijakan,” ucap Satyo Purwanto kepada Kantor Berita RMOL, Jumat (2/8).

Jika berani melakukan itu, kata Satyo, NasDem akan menjadi partai yang membuat sejarah baru di politik Indonesia. Karena berani menjadi oposisi setelah berhasil menjadi bagian yang memenangkan salah satu capres pada Pilpres 2019.

“Saya rasa ini mungkin menjadi sejarah baru. Mungkin NasDem bisa menjadi pelopor bagi partai modern untuk melakukannya. Setelah memenangkan presiden dia keluar dari kekuasaan di Istana dan melakukan pengawasan. Itu keren,” jelas Satyo. (Inikata/RMOL)

Komentar

Topik Terkait