oleh

Andai Max Verstappen Gabung Mercedes, Lewis Hamilton Tak Keberatan

INIKATA.com Formula 1 musim ini berjalan mulus bagi duet pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Keduanya begitu solid dalam mengejar gelar juara 2019. Meskipun begitu, rumor adanya sejumlah pembalap bakal mengganti posisi Bottas berembus kencang.

Hingga kini, Mercedes belum menentukan pendamping Hamilton untuk musim 2020. Dengan begitu, posisi Bottas memang belum aman. Padahal, musim ini dia tampil begitu impresif dalam 11 balapan yang berlangsung musim ini.

Tercatat, hanya dua kali Bottas mengakhiri race tanpa raihan podium. Yakni, di sirkuit Gilles Villeneuve, Kanada dan GP Jerman pekan lalu (28/7). Rumor semakin kencang menjelang kepastian yang bakal diumumkan Mercedes Agustus ini.

Setidaknya ada tiga pembalap yang masuk dalam rumor. Mereka adalah jagoan Red Bull, Max Verstappen, pembalap junior Mercedes, Esteban Ocon serta satu nama lainnya yakni George Russell yang menjalani musim rookie-nya yang sulit bersama Williams.

Andai Max Verstappen Gabung Mercedes, Lewis Hamilton Tak Keberatan

 

Hamilton tidak keberatan bila Verstappen bergabung dengan Mercedes. Itu akan membuka kesempatan untuk mengalahkan pembalap Belanda itu dengan mesin yang sama. “Sejujurnya saya tidak punya masalah dengan itu (peluang Verstappen gabung),” ujar Hamilton sebagaimana dikutip F1i.

Verstappen merupakan pembalap muda yang berpotensi menguasai persaingan F1 dalam beberapa musim ke depan. Dengan usianya yang baru 21 tahun, pembalap Belanda itu sudah mencetak tujuh kemenangan. Musim ini, dia tengah menempati posisi ketiga klasemen di bawah pembalap Mercedes.

Sedangkan, Russell tengah menjalani masa sulit. Hingga balapan ke-11, dia belum satupun mendulang poin. Pekan ini, Claire Williams mengungkapkan dia telah berbicara dengan team principal Mercedes, Toto Wolff terkait posisi Russell.

Pembalap muda Inggris itu menghormati kontrak tiga tahun bersama Williams. Russell menyatakan masih fokus untuk menyelesaikan tugasnya bersama Williams.

Salah satu koneksi penting buat Russell adalah Williams menggunakan mesin dari Mercedes sejak musim 2014 silam. “Saya pikir setiap pembalap sangat senang bila diberikan kesempatan membalap dengan mobil juara. Sangat bodoh bila menolak kesempatan itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ocon, pembalap muda sempat mencicipi tiga musim balapan F1, sejak 2016. Kemampuan pembalap Prancis itu sangat layak dipertimbangkan manajemen Mercedes untuk mengisi satu seat pembalap pada musim 2020.

Wolff pun mengakui hal tersebut.

Mercedes tengah kesulitan dalam menentukan antara Bottas dengan Ocon. “Jika kami memiliki satu di antara mereka, pilihannya sangat jelas, saya ingin memasukkan dia (Ocon) di mobil,” papar Wolff via Die Welt.

Untuk itu, keputusan yang dijadwalkan keluar pekan depan bakal sangat krusial buat tim Silver Arrows. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait