oleh

PDIP Akan Undang SBY ke Kongres, Ini Tanggapan Demokrat

INIKATA.com Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Kongres V di Bali pada 8-10 Agustus mendatang. Sejumlah pimpinan partai politik rencananya akan diundang, salah satu yang sudah memastikan akan hadir yakni Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang DH mengatakan, partainya tetap terbuka untuk mengundang ketua umum parpol lain, termasuk Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya rasa semangatnya merangkul, sudah sangat tegas itu, kita rangkul semua,” ujar Bambang di kantor DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/8).

Bambang menjelaskan, dalam setiap acara-acara resmi partai, PDIP memang selalu mengundang tokoh-tokoh partai politik lain. Hubungan baik tetap dijaga dengan partai lain. Sekalipun dalam pemilu berada pada kubu bersebrangan.

“Saya rasa pengalaman Konferca, Konferda, diseluruh provinsi, kita mengundang tokoh masyarakat, kepala daerah, parpol lain,” tambahnya.

Terpisah, Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan mengapresiasi langkah PDIP apabila mengundang ketua umunnya. Meski begitu, dia belum bisa memastikan apakah SBY bisa hadir dalam Kongres V PDIP di Bali.

“Namun apakah pak SBY apakah hadir atau tidak kami belum bisa bicara. Karena kami belum mengkonfirmasi kepada beliau apakah berkenan hadir atau tidak,” kata Ferdinand.

Lebih lanjut, Ferdinand menilai kehadiran SBY di Kongres PDIP terbilang cukup lebar. Mengingat setelah wafatnya Ani Yudhoyono, Presiden RI keenam itu sudah menyatakan kesiapan diri kembali ke pentas politik tanah air.

“Melihat kondisi saat ini di mana beliau (SBY) mengatakan siap terjun kembali ke dunia politik mungkin saja dan sangat mungkin pak SBY memenuhi undangan tersebut. Peluangnya sangat terbuka lebar untuk hadir di Bali,” pungkas Ferdinand. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait