oleh

Jika Merapat ke Kubu Jokowi, Gerindra Diprediksi Kebagian Dua Jatah Menteri

INIKATA.com – Pengamat politik Ujang Komarudin menyakini Partai Gerindra akan mendapatkan sedikitnya dua kursi jatah menteri di Kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin.

Ujang menganalisis peluang tersebut setelah melihat Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, diundang secara khusus untuk menghadiri kongres kelima PDI Perjuangan di Bali, Kamis (8/8).

“Soal jatah menteri bagi Gerindra, itu hak prerogatif presiden. Ini kan masih terus lobi dan negosiasi terkait rekonsiliasi dan koalisi Gerindra. Jika Gerindra masuk koalisi, dua menteri dapat,” kata Ujang saat dihubungi jpnn.com, Kamis.

Menurut Ujang, datangnya Prabowo ke kongres PDI Perjuangan, menandakan partai pemenang Pemilu 2019 itu merestui Gerindra masuk koalisi pendukung Jokowi – Ma’ruf.

Tidak sekadar itu, PDI Perjuangan diyakini Ujang, akan terjun melobi Presiden Jokowi agar Gerindra bisa mendapatkan dua kursi menteri.

“PDI Perjuangan yang paling terbuka menerima Gerindra. Karena PDI Perjuangan tidak merasa dirugikan dengan kehadiran Gerindra,” ungkap dia.

Dalam analisis Ujang, Jokowi akan memberikan opsi bagi Gerindra untuk mengisi menteri koordinator ataupun menteri yang berkaitan dengan pangan.

“Gerindra mintanya pasti yang strategis. Menko, menteri yang urusi pangan, atau yang urusi energi,” pungkas dia. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait