oleh

Presiden Prancis Dituduh Campuri Urusan Amerika Serikat di Iran

INIKATA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan bahwa tidak ada pihak yang berwenang untuk berbicara dengan Iran atas nama Amerika Serikat. Dia pun menuduh Presiden Prancis Emmanuel Macron mengirim sinyal campuran ke Iran untuk kemungkinan pembicaraan.

“Saya tahu Emmanuel bermaksud baik, seperti halnya semua yang lain, tetapi tidak ada yang berbicara untuk Amerika Serikat melainkan Amerika Serikat sendiri,” kata Trump dalam serangkaian cuitan di Twittwer (Kamis, 8/8).

Tidak segera jelas apa yang dimaksud Trump dalam cuitannya itu. Gedung Putih pun tidak segera memberikan komentar.

Namun Reuters awal pekan jni memuat bahwa Macron telah mengundang Presiden Iran Hassan Rouhani ke pertemuan puncak G7 bulan ini untuk bertemu dengan Trump. Akan tetapi, seorang diplomat Prancis membantah laporan itu.

Para pemimpin Eropa diketahui berusaha untuk meredakan konfrontasi antara Iran dan Amerika Serikat setelah negeri Paman Sam menarik diri dari perjanjian nuklir Iran tahun lalu dan memperbarui sanksi untuk mendorong kesepakatan baru.

Iran menanggapi langkah Amerika Serikat tersebut dengan serangkaian langkah, termasuk merebut sebuah kapal tanker Inggris di Teluk dan mundur dari beberapa komitmennya untuk membatasi aktivitas nuklirnya yang dibuat berdasarkan kesepakatan.

Krisis diperkirakan akan menjadi fokus pembahasan pada KTT G7 akhir bulan ini. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait