oleh

China Evakuasi Seperempat Juta Warga Akibat Topan Super Lekima

INIKATA.com – Setelah menyapu Taiwan pada Jumat kemarin (9/8), Topan Super Lekima berhasil menghantam China pada Sabtu (10/9). Topan datang bersama hujan lebat dan angin kencang yang merobohkan tiang listrik dan menumbangkan ribuan pohon.

Topan Super Lekima berhasil menghantam Kota Wenling, China dengan membawa angin berkecepatan 187 km/jam. Menurut Kantor Berita Xinhua yang dilansir oleh Channel News Asia, badai ini diperkirakan akan menyapu pantai timur menuju Shanghai setelahnya.

Selain itu, badai ini akan membawa hujan lebat yang akan turun di daerah Shangai serta Provinsi Timur Anhui, Fujian, Jiangsu, dan Zhejiang.

Pihak berwenang bahkan telah memperingatkan kemungkinan adanya banjir bandang dan tanah longsor.

Akibat dari bencana ini, jutaan orang meninggalkan rumah untuk mengamankan diri. Di Shanghai saja lebih dari seperempat juta orang dievakuasi dan lebih dari 110.000 orang tengah berada di tempat penampungan.

Selain itu, di provinsi Zhejiang, hampir 300 penerbangan dibatalkan, layanan kapal feri dan kereta pun ditunda sebagai tindakan pencegahan.

Diketahui pada September lalu, China juga sudah dihantam oleh Topan Mangkhut yang membuat lebih dari dua juta orang dievakuasi. (rmol)

Komentar

Topik Terkait