oleh

Padamkan Karhutla di Sumsel, BNPB Kerahkan 4 Helikopter

INIKATA.com Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan empat helikopter untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Sebanyak 49 titik api terdeteksi dengan hotspot kategori tinggi.

“Pagi tadi Rabu (14/8), terdeteksi 49 titik hotspot kategori tinggi di Sumsel dan tenyata setelah dicheck oleh tim survey helikopter benar terjadi karhutla yang sangat besar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Rabu (14/8).

Agus menuturkan, karhutla dengan kategori besar itu disebabkan oleh api yang meloncat dari lahan petani yang juga sedang terbakar. Kemudian empat helikopter yang tengah melakukan pengecekan langsung memadamkan api tersebut. “Empat helikopter dikirim ke lokasi untuk melakukan water bombing,” ucap Agus.

Menurut Agus, setelah berhasil melakukan 36 kali water bombing kondisi api mulai berkurang dan dilanjutkan pemadaman oleh tim darat. Adanya hujan di sejumlah daerah pun turut membantu pemadaman karhutla.

“Siang hingga sore ini terjadi hujan di beberapa wilayah yakni Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Hujan sangat membantu upaya pemadaman,” pungkasnya.

(Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait