oleh

Tumbang dari Musuh Bebuyutan, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF U18

INIKATA.com – Timnas Indonesia U-18 gagal melangkah ke final Piala AFF U-18 setelah takluk 3-4 dari Malaysia U-18 dalam perpanjangan waktu di Vietnam pada Sabtu (17/8) malam.

Extra time harus dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 3-3 dalam waktu normal 2×45 menit dalam laga yang mengambil venue di Go Dau Stadium, Vietnam.

Indonesia sejatinya lambat panas di babak pertama. Terbukti, dua kali di sepuluh menit pertama, Malaysia menciptakan peluang emas.

Beruntung, eksekusi pemain Malaysia masih mengenai tiang gawang dan sedikit menyamping tipis. Terus menyerang, Malaysia akhirnya mendapatkan keuntungan.

Malaysia mencetak gol saat laga masuk menit ke-19. Berawal dari tendangan bebas Ajmal Mahadi yang membentur kaki pemain Indonesia, bola liar bergukir dan disantap oleh Aiman Afif dengan sontekannya. Skor 0-1 untuk Malaysia.

Keunggulan itu bertahan sampai pengujung babak pertama. Pada masa injury time, aksi dari Fajar yang mengirimkan umpan ke tengah kotak penalti, mampu diselesaikan oleh Beckham Putra. Skor 1-1 pun menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia lagi-lagi ketinggalan. Laga baru berjalan lima menit, pemain Malaysia Luqman Hakim membuat keduduka berubah 1-2.

Kerja keras Indonesia untuk menyamakan kedudukan baru berhasil pada menit ke-80. Fajar menjebol gawang lawan setelah sepakannya tak bksa dibendung kiper Malaysia, Sikh Izhan Nazrel.

Menit ke-82, Indonesia berbalik unggul melalui serangan balik cepat. M Salman Alfarid melepaskan tendangan yang gagal dibendung kiper Malaysia. Skor 3-2 untuk Indonesia.

Sayangnya, saat sudah unggul, pemain Indonesia tak bisa tenang, sabar, dan berhati-hati. Mereka malah melakukan kesalahan di dalam kotak penalti.

Pemain Malaysia Harith Haiqal tak membuang kesempatan emas membobol gawang Ernando. Skor 3-3 menutup laga di waktu normal.

Dalam babak pertama extra time, Malaysia memang memiliki mental yang lebih baik dari Indonesia. Mereka bisa kembali unggul lewat tandukan Harith Haiqal saat laga masuk menit ke-98.

Skor 3-4 tersebut bertahan sampai pertandingan perpanjangan waktu usai. Malaysia terlihat bisa lebih sabar dan tenang setelah unggul. Sebaliknya, Indonesia berbeda.

Dengan kekalahan ini, kans Indonesia tinggal memperebutkan gelar peringkat ketiga, melawan Myanmar atau Australia. (Inikata/Jpnn)

Komentar

Topik Terkait