oleh

Jika Lakukan Hal ini Sebelum Tidur, Dijamin Kamu Bakal Tidur Nyenyak

INIKATA.com – Jakarta Tidur nyenyak adalah awal mula dari aktivitas yang lancar. Sayangnya, tidak sedikit orang yang sulit untuk merasakan tidur nyenak. Bahkan, untuk memejamkan mata saja terasa sangat sulit. Apakah Anda salah satu yang juga mengalami hal ini?

Tenang, tidak perlu galau berlebih. Supaya Anda bisa tidur lebih nyenyak, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Terpapar sinar matahari
Merasa kesulitan tidur di malam hari? Anda mungkin butuh lebih banyak terpapar cahaya di pagi. Fakta menyebut bahwa paparan cahaya sinar matahari pagi memainkan peran penting dalam meningkatkan produksi melatonin (hormon tidur) dalam tubuh.

Untuk merasakan manfaat ini, Anda bisa berjalan santai selama 30 menit di pagi hari untuk mendapatkan melatonin secara maksimal.

2. Meditasi
Latihan meditasi yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dengan memperlambat pernapasan dan mengurangi kadar hormon stres. Anda bisa melakukan meditasi selama 45–60 menit setiap harinya. Jika Anda sedang disibukkan dengan pekerjaan, lakukanlah meditasi di malam hari sebelum pergi tertidur.

3. Gunakan aromaterapi
Sebuah analisis yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan kaitan yang cukup erat antara kualitas tidur dengan aromaterapi. Minyak aromaterapi lavender telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang membantu merelaksasi pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak.

Lavender adalah jenis minyak esensial yang terbukti paling menenangkan dibandingkan lainnya.

4. Atur pencahayaan ruangan
Sulit tidur bisa dipengaruhi oleh pencahayaan yang ada pada ruang kamar Anda. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, saat tidur terjadi pengeluaran hormon melatonin. Fungsi utama hormon ini adalah membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah terjadinya insomnia.

“Cahaya terang dari lampu atau atau gawai dapat menghambat pengeluaran hormon melatonin. Padahal, hormon ini sangat bermanfaat untuk menunjang kualitas tidur Anda,” dr. Reza menegaskan.

Untuk itu, kata dr. Reza, redupkan lampu kamar Anda agar tubuh mampu memproduksi melatonin dengan efektif. Jika tidak bisa tertidur dengan keadaan gelap, Anda bisa menyalakan lampu pijar sebagai penerang di malam hari.

5. Atur suhu ruangan
Suhu kamar perlu diatur agar Anda bisa tidur lebih nyenyak. Suhu ruangan yang terlalu panas bisa membuat Anda lebih gelisah dan berkeringat. Sedangkan suhu ruangan yang terlalu dingin bisa bikin Anda menggigil dan sulit tertidur.

Jadi, pastikan Anda mengatur suhu ruangan dengan suhu normal antara 20 sampai 22 derajat Celcius untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

6. Olahraga
Selain meningkatkan kesehatan dalam tubuh, olahraga juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan waktu berolahraga. Sebab aktivitas ini dapat memproduksi endorfin yang justru membuat Anda jadi terjaga.

Disarankan agar Anda melakukan olahraga di pagi maupun di sore hari. Jika tidak ada waktu, lakukanlah gerakan peregangan sederhana selama 30 menit sebelum tidur.

7. Pola makan sehat
Menghindari minuman yang mengandung kafein merupakan aturan pola makan sehat pertama yang perlu Anda lakukan.

Minuman mengandung kafein mampu membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga Anda menjadi sulit untuk tertidur. Selain itu, hindari juga makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi karena mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Sebagai gantinya, makan dengan menu dan waktu yang tepat. Meski rasa lapar melanda di malam hari, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi makanan berlebih.

Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi camilan sehat, seperti buah-buahan. Namun, agar tidak mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda, konsumsilah camilan tersebut 3 atau 4 jam sebelum tidur.

Jika Anda masih belum bisa tidur nyenyak setelah melakukan semua trik di atas, jangan enggan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Kualitas tidur buruk yang terjadi secara terus-menerus bisa memicu berbagai masalah kesehatan. (Inikata/Jpnn)

Komentar

Topik Terkait