oleh

Gerindra Gabung ke Pemerintah, NCID: Jatah Kursi Menteri Terbanyak Kedua

INIKATA.com – Bergabungnya Partai Gerindra di kubu pemerintahan Jokowi edisi kedua, membuat sebagian pihak mulai menerka-nerka jatah menteri yang akan diberikan ke partai berlambang Garuda itu.

Salah satunya adalah Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID). Direktur Eksekutif NCID, Jajat Nurjaman, mengungkapkan, jika Gerindra bergabung dengan pemerintah, maka dia layak mendapatkan kursi terbanyak kedua setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)

Menurut Jajat, belakangan santer kabar tentang jatah menteri 45 persen untuk parpol dengan jumlah kementerian tetap 34. Dimana PDI-P mendapat 4 kursi menteri.

“Jika Gerindra ikut menjadi pendukung pemerintah dengan melihat kalkulasi suara terbanyak kedua setelah PDI-P, maka jatah kursinya minimal di bawah PDI-P. Kalau PDI-P minta 4 kursi menteri, maka Gerindra bisa mendapat jatah 3 menteri,” Kata Jajat, Senin 19 Agustus 2019.

Kendati pembahasan menteri tak akan ada habisnya dibahas sampai ada pengumuman resmi, namun penilaian NCID berdasar pada perolehan suara Partai Gerindra pada pemilihan legislatif yang menempati urutan kedua mengalahkan Partai Golkar dan partai lainnya.

“Hal yang wajar jika Gerindra dapat jatah menteri yang banyak melihat perolehan suaranya yang memang partai ¬†pemenang kedua,” tutupnya. (*)

Komentar

Topik Terkait