oleh

Golkar Jatim Bantah Wawali Kota Malang Bakal Usir Mahasiswa Papua

INIKATA.com – Golkar Jatim membantah kalau Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, mengeluarkan wacana yang meminta agar mahasiswa Papua di Malang untuk pulang ke Papua. Sofyan Edii Jarwoko sendiri, adalah Ketua DPD Golkar Malang.

“Barusan saya hubungi Wakil Wali Kota Malang untuk tanya apa benar mengeluarkan pernyataan untuk mengusir mahasiswa Papua di Malang. Dia bilang tak pernah mengeluarkan statemen tersebut,” jelas Sekretaris DPD Golkar Jatim, Sahat Tua Simanjuntak, saat dikonfirmasi di Surabaya, senin (19/8/2019).

Pria yang juga ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim ini mengatakan, ada upaya yang memutar balikkan fakta terhadap pernyataan dari wawalikota Malang tersebut.

“Itu ada yang memutar balikkan fakta saja dan memperkeruh suasana,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, mendesak Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, meminta maaf karena telah mengeluarkan pernyataan yang melukai perasaan rakyat di Indonesia bagian timur itu.

Menurut dia, pernyataan Ketua DPD Golkar Kota Malang itu yang ingin mengusir masyarakat Papua dari wilayah administrasinya melahirkan konflik di Papua.

Dominggus melanjutkan, Sofyan sebagai kepala daerah dan pejabat publik tidak boleh mengeluarkan pendapat pengusiran tersebut. Seharusnya, Sofyan mengajak mahasiswa Papua berbicara apabila terjadi kesalahpahaman.

Bahkan Dominggus juga mengancam akan mengusir balik anak-anak asal Malang dari Papua jika sampai ada pengusiran mahasiswa Papua dari Malang. (Three)

Komentar

Topik Terkait