oleh

Ada Jaminan Keamanan, DPRD Jatim Minta ini ke Gubernur Papua

INIKATA.com – DPRD Jatim berharap agar Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengurungkan niatnya yang akan menarik seluruh mahasiswa Papua yang menempuh Pendidikan di pulau Jawa khususnya di Jatim.

“ Harap dipertimbangkan kembali niat tersebut, mengingat Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan sudah memberikan jaminan keamanan bagi mahasiswa Papua yang menempuh Pendidikan di Jatim,” ungkap wakil ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar dikantornya, Rabu (21/8/2019).

Politisi asal Partai Demokrat ini mengatakan, Pemprov Jatim benar-benar serius untuk memberikan jaminan keamanan maupun kesejahteraan bagi mahasiswa Papua yang belajar di Jatim.

“Pasca kerusuhan di Papua beberapa hari lalu, gubernur sudah membuat terobosan baru untuk menjalin hubungan lebih serius antara Jatim dan Papua misalnya merealisasi sister Province. Tak hanya itu bu gubernur juga akan memperhatikan kondisi asrama para mahasiswa perantauan termasuk mahasiswa Papua yang ada di Jatim. Jadi kami berharap rencana gubernur Papua menarik mahasiswanya yang belajar di Jatim diurungkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyampaikan keinginannya untuk memulangkan seluruh mahasiswa asal Papua yang sedang berkuliah di luar Papua. Tak hanya Papua wacana ini juga dibicarakan dengan pihak pemerintah daerah Papua Barat.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua usai menghadiri pelantikan pejabat eselon dua dan tiga yang bertempat di gedung negara Papua, Jayapura, Selasa (20/8/2019)

Lukas Enembe menyebutkan, penarikan mahasiswa Papua yang tengah menempuh pendidikan di luar Papua akan dilakukan jika tidak ada jaminan keamanan dan keadilan bagi mahasiswa Papua.

Rencananya para mahasiswa yang kuliah di Jawa setelah ditarik nantinya akan dikuliahkan di Universitas Papua (Unipa) Manokwari dan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura. (Three)

Komentar

Topik Terkait