oleh

Gegara ini, Papua Batal Jadi Tuan Rumah Popnas dan Peparpenas 2019

INIKATA.com – Penyelenggaraan Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (Popnas) dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX 2019 di Papua secara resmi dipindahkan.

Itu dikarenakan kondisi keamanan di Papua yang belum stabil dan penuntasan venue belum selesai.

Hal terlihat surat resmi Kemenpora RI nomor SS.8.23.5/SET/VII/2019 yang ditanda tangani oleh sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

“Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud menginformasikan kepada seluruh kadispora di Indonesia jika provinsi Papua tidak akan menjadi tuan rumah pada Popnas XV dan Peparpenas IX 2019,” tulisnya dalam surat tersebut.

Sebelummya, Gubernur Papua, Lukas Enembe telah melakukan permohonan untuk Popnas XV dan Peparpenas IX 2019.

Lukas mengatakan, bukan semata-mata karena adanya masalah keamanan dan kenyamanan akibat masalah unjuk rasa. Tetapi lebih karena agar Pemda Papua dapat lebih fokus pada persiapan penyelenggaraan PON dan PEPARNAS pada Oktober dan November 2020 mendatang.

“Kemenpora dapat sepenuhnya memahami adanya permohonan kami dan saat ini, kami sedang melakukan pendekatan dengan beberapa daerah tertentu di luar Provinsi Papua yang berkenan mengambil alih pelaksanaan Popnas XV dan Peparpenas IX 2019 ini,” kata Lukas.

Diketahui Popnas XV dan Peparpenas IX 2019, rencananya akan diikuti sekitar 5.000 atlet dan official dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga. Melalui kedua event tersebut akan juga dijadikan sebagai test event untuk mengetahui kesiapan Panitia Penyelenggara PON dan Peparnas 2020. (Fajrin)

Komentar

Topik Terkait