oleh

Padamkan Api di Hutan Amazon, Brazil Kerahkan Pesawat Tempur

INIKATA.com – Brasil menggunakan berbagai cara yang memungkinkan untuk memadami kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon. Kali ini, pesawat-pesawat perang Brasil dikerahkan untuk membawa air dan menyiramkannya ke hutan yang terbakar di negara bagian Rondonia, Amazon.

Dikabarkan Al Jazeera, pengerahan itu dilakukan setelah Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Minggu (25/8) memberikan wewenang operasi militer di tujuh negara bagian untuk memerangi kebakaran hebat di Amazon.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran berpakaian kuning dari lembaga penegak lingkungan Ibama dengan mudah membersihkan api dari sekitar tunggul yang terbakar dengan menyiramnya dengan jet yang terhubung ke paket air yang dipasang di punggung pesawat.

Sementara itu sebuh video yang diunggah oleh Kementerian Pertahan Brasil akhir pekan kemarin menunjukkan sebuah pesawat militer memompa ribuan liter air dari dua jet raksasa saat melewati gumpalan asap di dekat kanopi hutan.

Upaya itu dilakukan sebagai tanggapan atas tekanan internasional serta kritik dari para pemimpin negara-negara kekuatan dunia G7 yang saat ini bertemu di Perancis.

Menurut lembaga riset  INPE, hampir 80 ribu kebakaran terjadi di seluruh Brasil sepanjang tahun ini hingga 24 Agustus lalu. Angka itu adalah yang tertinggi sejak setidaknya tahun 2013 lalu.

Bolsonaro sendiri kebanjiran kritik pasca kebakaran terjadi karena dianggp pemerintahannya tidak melakukan upaya ekstra untuk memerangi kebakaran. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait