oleh

Soal Kantor Kedubes Usai Ibu Kota Diputuskan Pindah, Begini Respon Kemenlu

INIKATA.com Presiden Joko Widodo telah memutuskan akan memindahkan ibu kota Republik Indonesia ke Kalimantan Timur. Beberapa gedung yang akan dibangun di ibu kota baru adalah Istana Kepresidenan, Lantas, bagaimana dengan kantor Kedutaan Besar (kedubes)?

Saat dikonfirmasi JawaPos.com, Kementerian Luar Negeri belum banyak memberikan tanggapan lebih jauh soal pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Hingga sejauh ini belum ada pembicaraan di kementerian terkait kantor para duta besar.

“Saya belum dengar. Kami tunggu saja sampai waktunya,” kata Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah kepada JawaPos.com, Selasa (27/8).

Saat ditanya adakah rencana pemindahan kantor para duta besar ke Kalimantan Timur, pihaknya juga menegaskan hal itu masih terlalu dini untuk dibahas. “Terlalu dini untuk dijawab. Nantilah pada waktunya,” paparnya.

Sebelumnya, ‎Presiden Jokowi mengumumkan ibu kota Indonesia pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Lokasi paling ideal adalah di Kabupatan Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara,

Provinsi Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan, rencana pemerintah ini sudah digagas sejak lama.

Bahkan, sejak presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Alasan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kaltim karena saat ini DKI sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan,

‎bisnis, keuangan, perdagangan, jasa, bandara, dan pusat pelabuhan terbesar di Indonesia.

Selain itu, beban Pulau Jawa juga semakin berat dengan penduduk sudah mencapai 150 juta atau 54 persen dari total penduduk di Indonesia. Sehingga beban ini akan terus semakin berat apabila ibu kota tetap ada di Pulau Jawa.

Komentar

Topik Terkait