oleh

Ribuan Telepon Ilegal Asal China Berhasil Diamankan Polisi

INIKATA.com – Ribuan telepon genggam ilegal yang hendak diselundupkan dari luar negeri berhasil digagalkan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, sebanyak 5.572 unit telepon genggam diamankan dari empat tersangka berinisial FT (40), AD (59), YC (36) dan JK (29).

“Beberapa waktu kita menindak barang yang datang dari luar yaitu berupa handphone. Di depan ini ada sebanyak 5.500 sekian handphone dari berbagai jenis yang datang dari luar negeri,” ucap Irjen Gatot di Polda Metro Jaya, Kamis (29/8).

Barang ilegal tersebut dikirim dari China melalui jalur laut ke Singapura sebelum akhirnya berlabuh di Batam. Selanjutnya, barang tersebut dibawa ke beberapa daerah di antaranya Pulau Sumatera dan DKI Jakarta.

Di Jakarta, barang ilegal itu kemudian dikirim ke distributor yang berada di daerah mal Roxy dan Cempaka Mas yang kemudian dikirim ke beberapa toko penjual telepon genggam.

Dari hasil pemeriksaan, ke empat tersangka mengirim barang sebanyak 8 kali transaksi setiap bulan dengan nilai lebih dari Rp 375 miliar.

“Nah keterangan mereka satu bulan masuk 7 sampai 8 kali. Kalau dilihat dia sekali masuk Rp 46 sekian miliar, dalam sebulan Rp 375 miliar. Berarti dalam setahun negara bisa dirugikan lebih kurang Rp 4,5 triliun,” jelas Gatot.

Polisi menangkap keempat tersangka akhir Juli 2019 dan mengamankan barang bukti handphone ilegal asal China senilai lebih dari Rp 6,5 miliar.

Keempat tersangka dijerat Pasal 52 juncto Pasal 32 Ayat 1 UU 36/1999 tentang tindak pidana telekomunikasi, Pasal 104 dan Pasal 106 UU 7/2014 tentang tindak pidana perdagangan, dan Pasal 62 UU 8/1999 tentang tindak pidana perlindungan konsumen dengan ancaman lima tahun penjara. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait